Studi tentang Penangkap Gerakan (Motion Capture) Manusia

Authors

  • Bheta Agus Wardijono STMIK Jakarta STI&K

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.12.1.19

Keywords:

Motion Capture, Grafik, Komputer, Video, Game, Animasi

Abstract

Motion capture merupakan proses perekaman gerakan nyata dalam kehidupan darisubjek sebagai urutan-urutan koordinat Cartesian dalam ruang 3D. Perekam gerakan optis (Optical Motion Capture) menggunakan kamera untuk merekonstruksi postur tubuh pelaku. Salah satu pendekatan dengan menggunakan satu set kamera disinkronisasi untuk menangkap beberapa tanda yang ditempatkan di lokasi strategis pada tubuh. Sistem magnetik menggunakan sensor elektromagnetik sedangkan sistem mekanik menggunakan sensor mekanik untuk mendapatkan data gerakan. Sistem markerless, didasarkan pada visual hull dan kondisi sebenarnya dari subyek. Sebuah sistem motion capture memiliki aplikasi-aplikasi antara lain dalam komputer grafis untuk animasi karakter, dalam virtual reality untuk antamuka kontrol manusia , dan video game untuk simulasi realistis gerakan manusia. Dalam tulisan ini dibahas tentang teori, implementasi dan penelitian-penelitian yang telah dilakukan tekait dengan optical motion capture.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

31-10-2023

How to Cite

[1]
Wardijono, B.A. 2023. Studi tentang Penangkap Gerakan (Motion Capture) Manusia. Jurnal Ilmiah Komputasi. 12, 1 (Oct. 2023), 1–6. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.12.1.19.
Abstract View: 4 times