Implementasi Grafik Komputer 3 Dimensi pada Pengaturan Tata Ruang Dapur

Authors

  • Enrico Didi Fransman
  • Bheta Agus Wardijono

Abstract

Website yang dapat menampilkan informasi melalui internet telah berkembang den gan pesat. Teknologi WebGL hadir menambah kemampuan website untuk menyediakan interaksi yang semakin beragam kepada pengguna. WebGL memungkinkan sebuah web site untuk menampilkan objek dua dimensi dan tiga dimensi tanpa menggunakan plug in. Dalam penelitian ini telah berhasil diimplementasikan teknologi WebGL untuk membuat aplikasi perancangan tata ruang dapur berbasis web. Pengguna dapat merancang penem patan perlengkapan dapur sesuai keinginan menggunakan objek yang tersedia di dalam ap likasi. Website ini juga menyediakan informasi mengenai perlengkapan dapur, sehingga dapat memberikan pengetahuan tambahan kepada pengguna apabila berniat memesan kitchen set. Dalam penelitian ini model tiga dimensi perlengkapan dapur dibuat dengan menggunakan perangkat lunak Blender 2.75, sedangkan aplikasi WebGL dibuat dengan editor Unity 5, dimana objek disatukan dengan fungsi lainnya membentuk aplikasi. Unity memungkinkan aplikasi dikonversi ke dalam format WebGL dan akhirnya dapat ditanaman ke dalam web site. Pengguna akan mengakses website untuk mendapatkan informasi mengenai tata ruang dapur sekaligus dapat merancangnya dalam website tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-06-2016

How to Cite

[1]
Fransman, E.D. and Wardijono, B.A. 2016. Implementasi Grafik Komputer 3 Dimensi pada Pengaturan Tata Ruang Dapur. Jurnal Ilmiah Komputasi. 15, 1 (Jun. 2016), 39–46.
Abstract View: 135 times