Proses Review

Jurnal Ilmiah Komputasi memiliki dan menerapkan kebijakan proses review pada artikel sebagai berikut:

  1. Artikel yang telah dikirimkan oleh penulis, akan diperiksa oleh penelaan/reviewer dengan memeriksa apakah artikel telah ditulis sensual dengan template sebagai panduan penulisan. Kemudian artikel akan diperiksa apakah artiek telah sensual dengan tema jurnal yaitu di bidang Teknologi dan Sistem Informasi. Artikel yang tidak sesuai akan ditolak dan editor akan menginformasikan ke penulis, dengan menyertakan informasi alasan tidak mengapa artikel tidak diterima.

  2. Artikel yang telah melewati langkah 1 di atas, selanjutnya artikel akan dikirim ke 2 orang reviewer untuk ditinjau kontennya dengan metode blind review. Pemeriksaan isi artikel dilakukan dengan memeriksa ruang lingkup, metode penelitian, hasil dan pembahasan dan kesimpulan, serta daftar pustakan yang digunakan sebagai acuan.

  3. Proses peninjauan akan mempertimbangkan kebaruan, objektifitas, metode, dampak ilmiah, kesimpulan, dan referensi.

  4. Reviewer akan menyarankan perbaikan jika artikel belum memenuhi kriteria artikel yang layak untuk dipublikasi atau reviewer menolak artikel.

  5. Editor akan memutuskan dengan mempertimbangkan saran dari reviewer apakah artikelnya memenuhi persyaratan untuk dipublikasikan di Jurnal Ilmiah Komputasi