Analisa Perkiraan Jumlah Penerimaan Mahasiswa Baru Dengan Menggunakan Metode Kuadrat Terkecil dan SPSS 17.0 Studi Kasus : STMIK JAKARTA (STI&K)

Authors

  • Gilang Wisnu Pamungkas
  • Aqwam Rosadi Kardian

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.12.2.183

Abstract

Dalam perguruan tinggi STMIKJakarta (STI&K) banyak mahasiswa yang daftar menjadi mahasiswa baru di setiap tahunnya, dalam hal ini STMIKJakarta (STI&K) belum dapat memperkirakan jumlah mahasiswa baru yang masuk di setiap tahunnya karena tidak memprediksikan masuknya mahasiswa baru dimasa yang akan datang. Pada penelitian ini adalah bertujuan untuk melakukan perkiraan (forcasting) untuk mengetahui banyaknya jumlah mahasiswa barudi STMIK Jakarat (STI&K) di masa yang akan datang dan mendapatkan informasi dari perkiraan yang bisa bermanfaat untuk instansi pendidikan tersebut. Dalam menganalisis perkiraan jumlah mahasiswa baru pada STMIK Jakarta (STI&K) menggunakan metode kuadrat terkecil, sekaligus diraikan hasil perkiraan tersebut dalam bentuk scatter diagram. Sehingga dapat diketahui perkiraan jumlah mahasiswa baru dimasa yang akan datang dengan membandingkan jumlah penerimaan mahasiswa yang masuk di 10 tahun sebelumnya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

31-10-2023

How to Cite

[1]
Pamungkas, G.W. and Kardian, A.R. 2023. Analisa Perkiraan Jumlah Penerimaan Mahasiswa Baru Dengan Menggunakan Metode Kuadrat Terkecil dan SPSS 17.0 Studi Kasus : STMIK JAKARTA (STI&K). Jurnal Ilmiah Komputasi. 12, 2 (Oct. 2023), 37–44. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.12.2.183.
Abstract View: 62 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>