Implementasi Metode Rapid Application Development (RAD) untuk Virtual Class pada SMAN 14 Bekasi Berbasis Web

Authors

  • Hilman Setiadi Seputra Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma
  • Aqwam Rosadi Kardian STMIK Jakarta STI&K

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.19.1.158

Abstract

Dengan perkembangan teknologi semakin meningkat di bidang komputerisasi dalam dunia pendidikan. Macam cara untuk mendapatkan pembelajaran yang diadakan di sekolah, kursus dan berbagai media ilmu pengetahuan. Dalam saat ini metode pengajaran di setiap sekolah berbeda-beda pada umumnya antara guru, dosen, mahasiswa dan murid dengan berinteraksi tatap muka secara langsung di kelas. Khususnya yang telah dicapai SMAN 14 Bekasi saat ini belum ada penunjang pembelajaran sebagai media pembelajaran virtual class dengan menyajikan materi dan latihan melalui interaksi tak langsung diterapkan sekolah untuk membantu interaksi antara siswa dan guru dilakukan ditempat terpisah dengan syarat waktu yang disepakati bersama oleh siswa dan guru. Virtual class ini bertujuan untuk menunjang aktivitas pembelajaran secara tak langsung dan meningkatkan pembelajaran yang kompeten dan baik.Virtual class ini menggunakan metode tahapan Rapid Appilcation Development bertujuan agar ketersediaan waktu dan anggaran biaya pengembangan yang terbatas, untuk kebutuhan informasi terkini secara cepat, dan kedekatan interaksi hubungan yang personal dengan karakteristik penggunanya lebih tepat menerapkan metode RAD (Rapid Application Development) . Hasil dari uji coba program menggunakan metode blackbox testing menunjukkan bahwa aplikasi telah berhasil sesuai pada tahap pengujian dan dapat diterima secara fungsional.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

15-09-2020

How to Cite

[1]
Seputra, H.S. and Kardian, A.R. 2020. Implementasi Metode Rapid Application Development (RAD) untuk Virtual Class pada SMAN 14 Bekasi Berbasis Web: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 19, 1 (Sep. 2020), 69–82. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.19.1.158.
Abstract View: 34 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>