Purwarupa Digital Masjid Agung Banten dengan Teknik Virtual Realiti Berbasis Desktop Sebagai Upaya untuk Menjaga Kelestarian Peninggalan Budaya Banten

Authors

  • Miftah Andriansyah Sekolah Tinggi Teknik Multimedia Cendikia Abditama
  • Hadi Rahmadi Sekolah Tinggi Teknik Multimedia Cendikia Abditama
  • Antonius Irianto Sukowati Sekolah Tinggi Teknik Multimedia Cendikia Abditama

Abstract

Masjid Agung Banten merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari Kesultanan Banten yang dibangun pada masa kejayaannya. Dewasa ini, banyak terdapat peninggalan- peninggalan bersejarah yang sudah hancur pada masa lampau dan tidak terdokumentasi dengan baik, sehingga mungkin akan sulit bagi generasi yang akan datang untuk mengetahui tentang budaya leluhurnya. Masjid Agung Banten yang merupakan satu-satunya bangunan utuh yang tersisa pada situs sejarah Banten Lama dapat dibuat dalam bentuk digital dan ditampilkan dengan tampilan tiga dimensi (3D) menggunakan teknik virtual reality(VR) se- bagai dokumentasi digital sekaligus menjadi sumber informasi menarik tanpa harus berada langsung di lokasi situs. Dengan aplikasi VR berbasis desktop yang dibuat dengan meng- gunakan perangkat lunak SketchUp dan Unity ini, pengguna dapat menelusuri kompleks situs dan seakan-akan berada pada situs aslinya. Pada pengujian yang dilakukan oleh beberapa penguji, aplikasi ini dinilai dapat berjalan dengan kendali kamera yang baik, menarik dan informasi mengenai situs Masjid Agung Banten dapat disajikan dengan relatif baik dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

25-06-2018

How to Cite

[1]
Miftah Andriansyah, Hadi Rahmadi and Antonius Irianto Sukowati 2018. Purwarupa Digital Masjid Agung Banten dengan Teknik Virtual Realiti Berbasis Desktop Sebagai Upaya untuk Menjaga Kelestarian Peninggalan Budaya Banten: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 17, 2 (Jun. 2018), 137–144.
Abstract View: 23 times