Penerapan SEO (Search Engine Optimization) Menggunakan Analisis Kata Kunci Kompetitif (Study Kasus: www.Palmoilmagazine.com)

Authors

  • Ardiatma Universitas Gunadarma
  • Miftah Andriansyah Universitas Cendekia Aditama

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.21.1.2887

Abstract

Kata kunci adalah satu atau sekelompok kata yang digunakan oleh situs web untuk meningkatkan visibilitasnya terhadap mesin pencari, sehingga dapat memberikan informasi yang tepat bagi pengguna di Internet. Pemilihan kata kunci hasil riset yang dihasilkan dari tool seo masih belum mampu memberikan informasi yang sesuai dengan harapan, sehingga perlu ditentukan pilihan dan urutan kata kunci prioritas yang kompetitif, untuk dilakukan optimasi terlebih dahulu. Oleh karena itu, perlu suatu sistem yang mendukung praktisi SEO dalam mengambil keputusan dalam pemilihan prioritas kata kunci kompetitif yang akan dioptimasi terlebih dahulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk mencari parameter pembobotan variabel kriteria dan Simple Additive Weightting (SAW) sebagai pencari nilai akhir dan rank . Hasil peneltian menunjukkan bahwa nilai bobot 100% yang dihasilkan setiap variabel kriteria, adalah: Volume = 42%, Keyword Difficulty = 28%, Cost per Click= 18%, Competitive Density= 8% dan Result= 4%. Dari hasil pembobotan setiap variabel kriteria tersebut dapat digunakan untuk menghitung nilai referensi alternatif kata kunci menggunakan metode SAW yang menghasilkan urutan alternatif kata kunci tertinggi adalah kata kunci “is palm oil bad for you” dengan nilai referensi 0.55, diikuti kata kunci “why is palm oil bad” dengan nilai referensi 0.47 dan kata kunci “red palm oil” dengan nilai referensi 0.36. Kesimpulan yang didapatkan dari sistem tersebut adalah dapat membantu para praktisi SEO untuk bisa menentukan urutan kata kunci mana yang akan dioptimasi terlebih dahulu.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

01-03-2022

How to Cite

[1]
Ardiatma and Miftah Andriansyah 2022. Penerapan SEO (Search Engine Optimization) Menggunakan Analisis Kata Kunci Kompetitif (Study Kasus: www.Palmoilmagazine.com). Jurnal Ilmiah Komputasi. 21, 1 (Mar. 2022), 141–152. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.21.1.2887.
Abstract View: 122 times