Eliminasi Harmonisa Dengan Tapis Aktif Paralel Berbasis Teori Daya Sesaat Aktif Reaktif (pq) Pada Jaringan Sistem Daya Fasa Tunggal

Authors

  • Setiyono Jurusan Teknik Elektro Universitas Gunadarma
  • Eri Prasetyo Wibowo Jurusan Teknik Elektro Universitas Gunadarma
  • Busono Soerowirdjo Jurusan Teknik Elektro Universitas Gunadarma

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.19.2.81

Abstract

Paper ini menyajikan cara untuk mereduksi sinyal sinyal gangguan system jaringan listrik atau jala jala yang disebabkan oleh keberadaan harmonisa pada sistem tenaga fasa tunggal . Salah satu metode yang popular adalah ekstraksi harmonisa menggunakan teori daya sesaat aktif reaktif ( pq ) . Algoritma dari teori ini diimplementasikan dalam menghilangkan komponen harmonisa melalui sebuah rangkaian tapis aktif yang disusun secara parallel dengan beban nonlinier . Arus kompensasi dinjeksikan ke jaringan jala jala yang dihasilkan oleh tapis aktif berguna meningkatkan kualitas daya . Tapis aktif ini dibangun dengan susunan inverter sepasang saklar IGBT ataupun MOSFET dan dipasang sebuah kapasitor pada sisi DC. Hasil pengujian simulasi pada dua buah jenis beban, yakni, resitif induktif dan resitip kapasitif, ditandai dengan bentuk gelombang pada saluran sumber hampir mendekati sinusoidal. Total Harmonic Distortion (THD) yang di peroleh berkurang hingga 2,70%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

22-06-2020

How to Cite

[1]
Setiyono, Wibowo, E.P. and Soerowirdjo , B. 2020. Eliminasi Harmonisa Dengan Tapis Aktif Paralel Berbasis Teori Daya Sesaat Aktif Reaktif (pq) Pada Jaringan Sistem Daya Fasa Tunggal: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 19, 2 (Jun. 2020), 135–144. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.19.2.81.
Abstract View: 61 times