Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Nadine Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) Pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Dki Jakarta

Authors

  • Farah Syam Lestari Universitas Bina Sarana Informatika
  • Jefi Universitas Bina Sarana Informatika

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.24.1.3764

Keywords:

Arsip Elektronik, End User Computing Satisfaction (EUCS), kepuasan pengguna

Abstract

Perusahaan modern pasti membutuhkan aplikasi yang membantu mengelola surat-menyurat. Salah satu contohnya ialah aplikasi Nadine yang diluncurkan di Kementerian Keuangan, khususnya Kanwil DJKN DKI Jakarta. Aplikasi ini menawarkan pegawainya kemampuan untuk mengelola arsip surat-menyurat melalui sistem aplikasi pengelolaan surat-menyurat. Ini ialah kesempatan bagi peneliti untuk menjalankan pengamatan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna aplikasi Nadine. Ini belum pernah terjadi sebelumnya, dan tujuan dari pengamatan ini ialah untuk memberikan rekomendasi untuk pengembangan aplikasi Nadine di masa depan. Untuk mengukur kepuasan pengguna, Model End User Computing Satisfaction (EUCS) memakai lima variabel: konten, akurasi, format, kemudahan penggunaan, dan waktu. Hasil analisis menunjukkan jika variabel content, accuracy, ease of use, dan timeliness mempunyai dampak yang signifikan pada kepuasan pengguna; format tidak mempunyai dampak yang signifikan pada kepuasan pengguna. Data dari kuesioner diproses memakai aplikasi SPSS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dan, A., Spad, D., Temu, T., Aktif, A., Kementerian, D. I., Dan, P., Febriyanto, A., & Dewi, A. O. P. (2019). KEBUDAYAAN.

Dr. Dyah Budiastuti Agustinus Bandur, P. D. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian (Dr. Dyah Budiastuti Agustinus Bandur, Ph.D.). Validitas Dan Realibitas Penelitian, 1–233.

Hartati, E., Indriyani, R., & Trianingsih, I. (2020). Analisis Kepuasan Pengguna Website SMK Negeri 2 Palembang Menggunakan Regresi Linear Berganda. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20(1), 47–58. https://doi.org/10.30812/matrik.v20i1.736

Muhammad, A., Fauzi, N., Triayudi, A., & Sholihati, I. D. (2022). Mengukur tingkat kepuasan pengguna aplikasi kearsipan menggunakan system usability scale dan pieces framework. 07, 231–239.

Mulyati, D. A., Fika, M. M. R., & Pd, M. (2022). Ragam penelitian dengan spss.

Mustopa, A., Agustiani, S., & Wildah, S. K. (2020). Analisa Kepuasan Pengguna Website Layanan Akademik Kemahasiswaan. 18(1), 75–81.

Rianingtyas, A. K., & Wardani, K. K. (2019). Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Sebagai Media Promosi Digital UMKM Tour dan Travel. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 7(2). https://doi.org/10.12962/j23373520.v7i2.36874

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. dan R&D (Edisi Pert). ALFABETA BANDUNG.

Yudistira, A., Novita, D., Studi, P., Informasi, S., Multi, U., & Palembang, D. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Arsip Digital Menggunakan Model End User Computing Satisfaction ( EUCS ). 3(2), 176–188.

Downloads

Published

17-03-2025

How to Cite

[1]
Syam Lestari , F. and Jefi, J. 2025. Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Nadine Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) Pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Dki Jakarta. Jurnal Ilmiah Komputasi. 24, 1 (Mar. 2025), 121–128. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.24.1.3764.
Abstract View: 0 times