Pengukuran Usability Aplikasi MyTelkomsel Menggunakan System Usability Scale (SUS) Terhadap Kepuasan Pelanggan

Authors

  • Jefi Universitas Bina Sarana Informatika
  • desiana nur kholifah
  • Kurniawati Universitas Bina Sarana Informatika

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.24.1.3699

Keywords:

Usability, System Usability Scale, SUS, MyTelkomsel, Kepuasan, Pengukuran

Abstract

MyTelkomsel adalah aplikasi layanan operator seluler yang dirancang untuk pelanggan telkomsel. MyTelkomsel memberikan akses bagi pelanggan untuk menikmati aktifitas layanan yang diberikan. Namun, MyTelkomsel belum memenuhi kepuasan pelanggan dengan sering timbulnya permasalahan pada aplikasi tersebut seperti aplikasi yang sering nge-crash, akses aplikasi yang lambat, tampilan menu yang membingungkan, kehilangan poin serta  jumlah pulsa yang sering tidak akurat membuat tingkat usabilitas aplikasi tersebut belum ideal keseluruhan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengukur usability aplikasi MyTelkomsel terhadap kepuasan pelanggan. Pengukuran usability dilakukan dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) yaitu memberikan pernyataan khusus kepada 100 responden dan skala likert untuk mengukur respon mereka dari yang sangat setuju hingga sangat tidak setuju. Pernyataan yang diberikan untuk mengukur usability tersebut memenuhi kriteria usability Nielsen yaitu learnability, efficiency, memorability, errors dan satisfaction. Hasil pengukuran usability aplikasi MyTelkomsel  menggunakan SUS mendapatkan skor 41.75 dengan grade F dalam artian bahwa tingkat usability aplikasi MyTekomsel dan kepuasan pelanggan masih rendah. Aplikasi MyTelkomsel belum cukup baik untuk digunakan dan perlu perbaikan yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. M. Nidhom, Interaksi Komputer Dan Manusia. Malang: Ahlimedia Book, 2019.

Sudarsono, Service Marketing (Dalam Konteks Kepuasan Konsumen Dan Kualitas Layanan). Gorontalo: CV. Cahaya Arsh Publisher, 2022.

D. A. Hidayati, R. P. Sari, and I. Rusi, “Analisis Kualitas Layanan Elektronik Untuk Mengukur Kepuasan Pengguna Menggunakan Dimensi E-Servqual (Studi Kasus Pengguna Aplikasi MyTelkomsel di Kota Pontianak),” PETIR (Jurnal Pengkaj. Dan Penerapan Tek. Inform., vol. 16, no. 2, pp. 131–141, 2023, doi: https://doi.org/10.33322/petir.v16i2.1943.

F. Nugraha, D. A. R, and I. Bastian, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi MyTelkomsel Menggunakan Evaluasi Heursitik Dan Metode Pieces (Studi Kasus : Mahasiswa Kampus Karawaci Universitas Gunadarma) User Satisfaction Level Analysis Of MyTelkomsel Application,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 3, pp. 463–468, 2022, doi: 10.25126/jtiik.202294403.

T. Wahyuningrum, Buku Referensi Kuesioner Dalam Pengukuran Usability. Yogyakarta: Deepublish, 2023.

Abdurrahman and M. Ulfa, “Analisis Usability Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Palembang Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” J. Pengemb. Sist. Inf. dan Inform., vol. 2, no. 3, pp. 125–137, 2021, doi: https://doi.org/10.47747/jpsii.v2i3.553.

H. Kurniawan et al., Buku Ajar Statistika Dasar. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.

B. Darma, Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji T, Uji F, R2). Kab. Bogor: Guepedia, 2021.

Hasanuddin et al., Technopreneurship : Ide Dalam Menggapai Kesuksesan Di Era Digital. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

M. R. Pratama, J. Umam, and R. Yakok, “Usability Testing pada Aplikasi iJateng Menggunakan Metode System Usability Scale,” J-SIMTEK, vol. 2, no. 1, pp. 15–23, 2024, doi: https://doi.org/10.33020/jsimtek.v2i1.556.

Downloads

Published

12-03-2025

How to Cite

[1]
Jefi, J., kholifah, desiana nur and Kurniawati, K. 2025. Pengukuran Usability Aplikasi MyTelkomsel Menggunakan System Usability Scale (SUS) Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Komputasi. 24, 1 (Mar. 2025), 07. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.24.1.3699.
Abstract View: 0 times