Analisis Kepuasan Pengguna Website Organisasi Perangkat Daerah Kelurahan Sorosutan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS)

Authors

  • Desi Wulandari Rahayu
  • Nur Rachman Dzakiyullah
  • Asti Ratnasari
  • Tri Rochmadi

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.24.1.3691

Abstract

Kemajuan pesat dalam teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam penyampaian informasi dan layanan publik, termasuk melalui sistem informasi berbasis website dan media sosial. Website Kelurahan Sorosutan berfungsi sebagai portal bagi masyarakat untuk mengakses informasi dan layanan dari pemerintah setempat, seperti direktori, kontak, dan berita.Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat kepuasan pengguna pada aspek konten (content), keakuratan (accuracy), format (format), kemudahan penggunaan (ease of use), serta Ketepatan waktu (timeliness) terhadap website OPD Kelurahan Sorosutan menerapkan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Instrumen penelitian ini memanfaatkan kuesioner mempergunakan Google Form untuk mengukur tanggapan responden terhadap berbagai variabel yang diteliti. Jumlah sampel penelitian ini sejumlah 486 responden. Hasil dari penelitian ini menemukan website organisasi perangkat daerah Kelurahan Sorosutan dengan metode End User Computing Satisfaction (EUCS), didapat beberapa kesimpulan utama. Dari lima variabel yang diuji, ditemukan bahwa content, format, ease of use, dan timeliness adanya pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna (satisfaction). Namun, variabel accuracy tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Hasil uji t juga mengkonfirmasi bahwa variabel content, format, ease of use dan timeliness berpengaruh signifikan terhadap satisfaction. Pada hasil uji F, seluruh 5 variable EUCS secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna website organisasi perangkat daerah Kelurahan Sorosutan.

Kata kunci: Kepuasan Pengguna, EUCS, website organisasi perangkat daerah Kelurahan Sorosutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Sakir, D. Mutiarin, and A. Afisa, “Digitalisasi Kalurahan: Pendampingan Optimalisasi Website dan Media Sosial Sebagai Layanan Berbasis Digital di Kalurahan Sendangarum Minggir Sleman,” Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, vol. 5, no. 2, pp. 271–277, Jun. 2023, doi: 10.24036/abdi.v5i2.390.

W. Barus, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penggunaan Website Berita Online Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Medan Polonia Menggunakan Metode End User Computing Statisfaction (EUCS),” 2023.

A. Winantu and S. I. Viony, “Analisis Kepuasan Pengguna SIAKAD STMIK El Rahma Dengan Metode EUCS dan IPA,” Asih Winantu, 2023.

E. Marwati and D. Krisbiantoro, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Web Students Universitas Amikom Purwokerto menggunakan Metode EUCS,” 2023.

Budi Santoso, Ali Haidir, Priyono, Henny Destiana, and Muhammad Hilman Fakhri, “Analisis Tingkat Kepuasan Penggunaan Aplikasi Gojek Khusus Driver Menggunakan Metode EUCS,” Jurnal Ilmiah Komputasi, vol. 23, no. 1, Mar. 2024, doi: 10.32409/jikstik.23.1.3514.

N. Pramudibyo, “Analisis Kepuasan Pengguna terdapat Aplikasi Redbus dengan menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 2, Apr. 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i2.4133.

H. Sutejo and J. Lahallo, “Analisis Kepuasan Pengguna E-learning dengan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) (Studi Kasus: Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jayapura),” Jim Lahallo INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. 4, pp. 10238–10253, 2024.

F. N. Ramadhayanti, Mulyadi, and E. Rasywir, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi TIX ID Di Kota Jambi Menggunakan Metode EUCS,” Jurnal Ilmiah Media Sisfo, vol. 17, no. 1, pp. 143–151, Apr. 2023, doi: 10.33998/mediasisfo.2023.17.1.792.

G. Pujana, I. Made Ardwi Pradnyana, I. Ketut Resika Artha, K. Kunci, K. Pengguna, and S. Negeri, “Analisis Kepuasan Pengguna E-Rapor menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) di Smp Negeri 1 Sukasada,” 2023. [Online]. Available: http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/erapor/

M. Ariandi and D. Marsolina, “Analisis Kepuasan Driver Terhadap Aplikasi Maxim Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 10, no. 2, p. 412, Apr. 2023, doi: 10.30865/jurikom.v10i2.5819.

N. Marliana, C. Widyaningsih, and H. Istiqlal, “Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) RSKD Duren Sawit dengan Metode EUCS,” Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), vol. 7, no. 1, 2023, [Online].Available: http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/MARSI

A. Yudistira and D. Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Arsip Digital Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (EUCS) User Satisfaction Analysis of Digital Archive Applications Using Model End User Computing Satisfaction (EUCS),” 2022.

D. Pibriana and L. Fitriyani, “Penggunaan Model EUCS Untuk Menganalisis Kepuasan Pengguna E-learning Di MTs N 2 Kota Palembang EUCS Model Usage to Analyze E-learning User Satisfaction at MTs N 2 Palembang,” 2022.

W. Astuti and R. Waluyo, “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Aplikasi Peduli Lindungi MENGGUNAKAN METODE EUCS,” Jurnal Rekayasa Informasi, vol. 11, no. 1, 2022.

H. Setiawan and D. Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS User Satisfaction Analysis of the KAI Access Application as a Train Ticket Booking Media Using the EUCS Method,” 2021.

A. Dwike Ayu Rinjani, D. Rahman Prehanto, N. Surabaya, J. Lidah Wetan, L. Wetan, and K. Lakarsantri, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Bibit Reksadana menggunakan Metode EUCS dan IPA,” Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2021.

I. P. Y. Agus Ariwanta, I. G. T. Eka Saputra, N. P. E. Apriyanthi, I. M. A. O. Gunawan, and G. Indrawan, “Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode EUCS Pada Sistem Computer Based Test di Institusi Pendidikan,” Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), vol. 4, no. 4, pp. 942–951, Aug. 2023, doi: 10.47065/josyc.v4i4.3752.

B. B. Akbar, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Surat Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” 2022.

A. Ratnasari, “Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Kinerja Portal Universitas Alma Ata menggunakan Pendekatan End-User Computing Satisfaction dan Delone and Mclane Model,” Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), vol. 1, no. 2, p. 66, Mar. 2019, doi: 10.21927/ijubi.v1i2.897.

D. Pibriana and L. Fitriyani, “Penggunaan Model EUCS Untuk Menganalisis Kepuasan Pengguna E-learning Di MTs N 2 Kota Palembang EUCS Model Usage to Analyze E-learning User Satisfaction at MTs N 2 Palembang,” 2022.

W. A. Putera and I. M. Candiasa, “Analysis of e-learning user satisfaction itb stikom bali using end user computing satisfaction (eucs) method,” in Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing Ltd, Mar. 2021. doi: 10.1088/1742-6596/1810/1/012017.

M. M. Sanaky, L. M. Saleh, and H. D. Titaley, “jurnal uji reahabilitasi,” 2021.

G.- MARDIATMOKO, “Pentingnya Uji Asumsi Klasik pada Analisis Regresi Linier Berganda,” BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, vol. 14, no. 3, pp. 333–342, Oct. 2020, doi: 10.30598/barekengvol14iss3pp333-342.

Downloads

Published

17-03-2025

How to Cite

[1]
Rahayu, D.W., Dzakiyullah, N.R., Ratnasari, A. and Rochmadi, T. 2025. Analisis Kepuasan Pengguna Website Organisasi Perangkat Daerah Kelurahan Sorosutan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Jurnal Ilmiah Komputasi. 24, 1 (Mar. 2025), 95–104. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.24.1.3691.
Abstract View: 0 times