Rancang Bangun dan Implementasi Aplikasi e-DUPAK Pranata Komputer Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel di Pemerintah Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Handoko Irawan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Sumarno Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nuril Lutvi Azizah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.22.1.3321

Abstract

Prestasi kerja Pranata Komputer diukur berdasarkan keberhasilan dalam mengumpulkan angka kredit selama periode waktu tertentu. Angka Kredit diperoleh dari akumulasi nilai butir kegiatan yang harus dicapai dalam rangka pembinaan karier. Butir kegiatan Pranata Komputer sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 32 tahun 2020 sedangkan petunjuk teknis penilaiannya diatur dalam Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 2 Tahun 2021. Untuk mendapatkan angka kredit, setiap Pranata Komputer harus membuat daftar usul penilaian angka kredit (DUPAK). Saat ini mekanisme pengajuan DUPAK masih dilakukan secara manual. Pranata Komputer menyusun DUPAK yang terdiri dari berbagai dokumen bukti fisik pelaksanaan butir kegiatan tugas dalam format berkas hardcopy kemudian mengirimkan secara manual ke Sekretariat Tim Penilai Angka Kredit. Tim Penilai kesulitan ketika memeriksa bukti fisik dalam format hardcopy dan Sekretariat Tim Penilai kesulitan ketika melakukan rekapitulasi nilai secara manual dan berpotensi terjadinya kesalahan perhitungan nilai. Dengan dibangunnya Aplikasi ini Pranata Komputer dapat mengajukan DUPAK secara online dan paperless , Tim Penilai dapat melakukan penilaian dengan mudah dan Sekretariat Tim Penilai dapat mengelola data pengajuan DUPAK dengan lebih baik dan efisien. Sistem ini dirancang menggunakan UML ( Unified Modelling Language ), dibangun menggunakan framework Laravel didukung dengan database MySQL dan diuji dengan metode blackbox.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

25-03-2023

How to Cite

[1]
Irawan, H. , , S. and Nuril Lutvi Azizah 2023. Rancang Bangun dan Implementasi Aplikasi e-DUPAK Pranata Komputer Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel di Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Komputasi. 22, 1 (Mar. 2023), 21–32. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.22.1.3321.
Abstract View: 61 times