Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Tempat Pijat Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus : Kabupaten Sidoarjo)

Authors

  • Agung Khoirudzikri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Nuril Lutvi Azizah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Novia Ariyanti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.22.2.3359

Keywords:

Sistem Informasi Geografis, Google Maps API, Pijat, Web, Framework Laravel

Abstract

Pijat atau massage merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rasa lelah, memperlancar peredaran darah, merangsang tubuh untuk membuang racun dan meningkatkan kesehatan mental. Saat ini sudah banyak penyedia jasa pijat di Kabupaten Sidoarjo yang menawarkan berbagai fasilitas dan manfaat, baik yang pijat di tempat maupun yang panggilan, hal ini menimbulkan permasalahan bagi pengguna jasa pijat yang belum semuanya mengetahui teknik pijat yang digunakan dan jam buka pelayanan, terutama pengguna jasa pijat pendatang yang berdomisili dari luar daerah, maka melalui ini penulis memberikan solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang dimiliki oleh pengguna tersebut, khususnya masyarakat Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menghasilkan pembuatan sebuah Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis web yang memuat informasi letak tempat pijat di kabupaten Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan antara lain: Perencanaan meliputi analisis masalah dan perancangan termasuk desain sistem, database dan desain antarmuka, pengkodean dan implementasi. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan UML ( Unified Modeling Language ), dibangun dengan menggunakan Google Maps API sebagai Map server , framework Laravel dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Sistem informasi geografis ini menggunakan metode pengujian sistem black-box, diuji fungsionalitas sistem, operasional, dan semua proses sistem informasi geografis ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

25-06-2023

How to Cite

[1]
Agung Khoirudzikri, Nuril Lutvi Azizah and Novia Ariyanti 2023. Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lokasi Tempat Pijat Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel (Studi Kasus : Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Ilmiah Komputasi. 22, 2 (Jun. 2023), 177–186. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.22.2.3359.
Abstract View: 0 times