Analisis User Experience Pada Tiktok Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ)

Authors

  • Yoseu Herawati Universitas Gunadarma
  • Yuli Maharetta Arianti Universitas Gunadarma
  • Sahni Damerianta Universitas Gunadarma
  • Nani Mintarsih Universitas Gunadarma

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.21.4.3108

Abstract

Tiktok merupakan salah satu media sosial populer yang memberikan ruang kreatifitas kepada berbagai kalangan usia untuk mengembangkan ide dalam memunculkan tren yang dapat diikuti. Fitur yang disajikan tiktok seperti fitur menyunting musik, efek, dan teks, mendukung para pencipta tren dan pengikut tren dalam menarik pengguna baru untuk mengunduh aplikasi Tiktok. Akan tetapi dari banyaknya trend yang populer, tidak semua trend bernilai positif. Ulasan yang ditemukan dalam android market online menunjukkan bahwa belum adanya pembatasan terkait konten yang menggiring pendapat buruk masyarakat internet dan pelaporan masih belum optimal oleh pihak Tiktok dalam menanggapinya. Hal tersebut terkait dengan pengalaman pengguna selama menggunakan aplikasi Tiktok yang disebut User Experience (UX). Tingkat User Experience terhadap aplikasi Tiktok umumnya belum dilakukan penilaian, apakah termasuk dalam kategori baik ataupun tidak. User Experience Questionnaire (UEQ) merupakan metode yang dapat digunakan dalam menilai UX Tiktok dengan memperhatikan enam aspek penilaian dalam UEQ yaitu Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, Dependability, Stimulation, dan Novelty. Pertanyaan dalam UEQ berjumlah 26, yang dikelompokkan berdasarkan aspek penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Tiktok pada aspek penilaian Attractiveness (1,31) , Perspicuity (1,34) , Stimulation (1,29), dan Novelty (0,85) berada pada kategori “ Above Average ”, aspek penilaian Efficiency (1,04) berada pada kategori “ Below Average ”, dan aspek penilaian Dependability (0,40) berada pada kategori “ Bad ”. Hal ini menunjukkan bahwa diperlukan peningkatan khususnya pada aspek Efficiency dan Dependability sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanannya kepada para pengguna aplikasi Tiktok. Kata kunci: Tiktok, User Experience , User Experience Questionnaire

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

20-12-2022

How to Cite

[1]
Yoseu Herawati, Yuli Maharetta Arianti, Sahni Damerianta and Nani Mintarsih 2022. Analisis User Experience Pada Tiktok Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) . Jurnal Ilmiah Komputasi. 21, 4 (Dec. 2022), 495–502. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.21.4.3108.
Abstract View: 145 times

Most read articles by the same author(s)