Aplikasi Android sebagai Media Alternatif Informasi Berkebun

Authors

  • Sahni Damerianta Universitas Gunadarma
  • Rahmadilla Salsabila Mahdison Universitas Gunadarma
  • Robby Candra Universitas Gunadarma
  • Darmastuti Universitas Gunadarma

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.21.2.3055

Keywords:

android, informasi, berkebun, aplikasi, media

Abstract

Pandemi COVID-19 yang terjadi membuat banyak masyarakat mulai merasa jenuh dan bosan karena melakukan aktivitas yang sama setiap harinya. Oleh sebab itu, masyarakat kini mulai mencari aktivitas atau hobi baru guna mengurangi rasa bosan dan menghindari stress seperti berkebun. Namun banyak masyarakat berkebun hanya sekedar mengikuti sebuah tren tanpa mengetahui dan mempelajari bagaimana cara berkebun yang benar. Tujuan dari peneli- tian ini adalah membuat aplikasi berbasis Android yang dapat mengedukasi pengguna dengan memberikan informasi mengenai tanaman hortikultura, serta memudahkan pengguna dalam mengingat dan mencatat jadwal berkebun, agar nantinya kegiatan berkebun ini dapat menjadi rutinitas atau kebiasaan yang positif. Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman Dart, Flutter sebagai framework, Visual Studio Code sebagai text editor dan SQLite sebagai database. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Berdasarkan hasil pengujian meng- gunakan metode Black Box Testing, aplikasi ini dapat berjalan dengan baik dengan tampilan yang sesuai. Dengan adanya aplikasi ini dapat menampilkan informasi tentang berkebun

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

25-06-2022 — Updated on 25-06-2022

Versions

How to Cite

[1]
Sahni Damerianta, Rahmadilla Salsabila Mahdison, Robby Candra and Darmastuti 2022. Aplikasi Android sebagai Media Alternatif Informasi Berkebun. Jurnal Ilmiah Komputasi. 21, 2 (Jun. 2022), 231–236. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.21.2.3055.
Abstract View: 33 times