Sistem Monitoring Kendaraan Roda Dua Berbasis GPS, Akselerometer, Giroskop, Kamera Webcam yang Diakses Melalui Aplikasi Perpesanan Instan

Authors

  • Faturrahman Universitas Gunadarma
  • Karmilasari Universitas Gunadarma

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.20.4.2809

Abstract

Jumlah kendaraan roda dua yang makin bertambah secara masif menimbulkan masalah keamanan dan keselamatan Pengguna maupun kendaraan, karena jumlah kendaraan berbanding lurus dengan jumlah tindakan kriminal dan diperparah oleh Masyarakat yang abai terhadap keselamatan berkendara. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah purwarupa sistem monitoring kendaraan yang dapat melacak lokasi dan melihat kondisi dari kendaraan secara realtime. Penelitian purwarupa ini dimulai dengan tahap pengumpulan teori pendukung, membuat diagram blok untuk mengetahui alur kerja dari prototipe, melakukan perancangan serta analisa dari purwarupa, diakhiri dengan uji coba purwarupa yang telah dibangun. Purwarupa menggunakan mikrokomputer raspberry pi sebagai pusat pengumpulan data dari berbagai modul dan sensor yang mendukung sebuah sistem monitoring kendaraan seperti modul GPS yang dapat melacak posisi kendaraan, modul akselerometer yang akan mendeteksi kondisi kendaraan apakah sedang bergerak atau diam, modul giroskop yang akan mendeteksi derajat kemiringan dari kendaraan, serta kamera webcam yang akan mengirimkan foto kondisi di sekitar kendaraan. Data yang di kirim oleh modul dan sensor tersebut akan diolah menjadi informasi yang mudah dimengerti dan dipahami oleh Pengguna. Informasi tersebut akan dikirim ke Pengguna melalui internet dengan antarmuka aplikasi perpesanan instan telegram bot agar informasi dapat di akses dari mana saja, kapan saja dan selalu terbarukan karena informasi diperlukan untuk bersifat realtime . Dari hasil uji coba, purwarupa dapat merespons permintaan dari Pengguna dan mengirimkan semua informasi dengan akurat dengan deviasi lokasi rata rata sebesar 6.3 meter.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-12-2021

How to Cite

[1]
Faturrahman and Karmilasari 2021. Sistem Monitoring Kendaraan Roda Dua Berbasis GPS, Akselerometer, Giroskop, Kamera Webcam yang Diakses Melalui Aplikasi Perpesanan Instan. Jurnal Ilmiah Komputasi. 20, 4 (Dec. 2021), 507–516. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.20.4.2809.
Abstract View: 10 times