Analisis Kualitas Media Pembelajaran Daring Edmodo di Sekolah SMK Teratai Putih Gobal 3 Bekasi Berdasarkan Standar ISO 25010

Authors

  • Masroni Universitas Gunadarma
  • Atit Pertiwi Universitas Gunadarma

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.20.4.2792

Abstract

SMK Teratai Putih Global 3 Bekasi adalah salah satu sekolah kejuruan di Kota Bekasi yang sudah menggunakan media daring dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yaitu menggunakan aplikasi Edmodo. Dengan aplikasi ini Interaksi yang dilakukan dapat berjalan dengan baik antara guru dan murid dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, baik pemberian materi, tugas maupun diskusi. Kepuasan suatu tampilan dan performa perangkat lunak diutamakan agar dapat memberikan pelayanan yang baik kepada para siswa guna mendapatkan pendidikan yang berkualitas, sehingga perangkat lunak ini perlu untuk dilakukan analisis kualitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perangkat lunak Edmodo berdasarkan standar ISO 25010 yang terdiri dari 8 (delapan) karakteristik yaitu functional suitability, performance efficiency, reliability, usability, security, portability, compatibility, dan maintainability dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah pada karakteristik functional suitability menghasilkan nilai X=1, performance efficiency untuk kecepatan rata-rata membuka halaman (93%) dan YSlow (88%), reliability 100%, nilai usability 83,16, security (tingkat keamanan website) berdasarkan tool SUCURI (100%), portability 100%, compatibility 75%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Atit Pertiwi, Universitas Gunadarma

Dosen Pasca Sarjana

Downloads

Published

30-12-2021

How to Cite

[1]
Masroni and Atit Pertiwi 2021. Analisis Kualitas Media Pembelajaran Daring Edmodo di Sekolah SMK Teratai Putih Gobal 3 Bekasi Berdasarkan Standar ISO 25010. Jurnal Ilmiah Komputasi. 20, 4 (Dec. 2021), 481–490. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.20.4.2792.
Abstract View: 22 times