Pengukuran Software Metric Terhadap Aplikasi Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual Untuk Pengembangan Sistem Informasi Kementerian Pemuda dan Olahraga

Authors

  • Julianto Rahmadi Sistem Informasi Bisnis, Universitas Gunadarma
  • Karmilasari Sistem Informasi Bisnis, Universitas Gunadarma

Abstract

Tujuan penulisan ini dalah untuk melakukan pengukuran dan analisis terhadap aplikasi SAIBA dalam menemukan kekurangan atau kelemahan yang ada pada aplikasi sistem akuntansi instansi berbasis akrual yang dimiliki oleh kementerian pemuda dan olahraga dengan melakukan pengukuran terhadap aplikasi tersebut tersebut agar dapat dilakukan perbaikan sehingga proses akuntansi dapat berjalan lebih baik. Adapun metode yang dilakukan adalah sebagai berikut (1) Memahami proses bisnis instansi, dalam tahap ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses data dapat berjalan hingga sampai pada penggunaan aplikasi SAIBA dan unit kerja apa saja yang terlibat dalam proses perjalan data hingga data dapat diolah sampai menjadi laporan keuangan (2) Review modul aplikasi SAIBA, dalam tahap ini adalah mengetahui modul apa saja yang terdapat dalam aplikasi SAIBA sehingga dapat diperoleh informasi tentang tabel proses input-output yang ada di aplikasi tersebut (3) Penyiapan Software Aplikasi, tujuan pada tahap ini adalah untuk mempersiapkan software SAIBA secara keseluruhan sebelum dilakukan pengujian dengan software metric (4) Pemilihan Software Metric, Tujuan dari tahap ini adalah untuk menentukan software metric apa yang cocok dengan aplikasi SAIBA, dalam penelitian ini digunakan software metric seperti Cppcheck dan Cppdepend (5) Pengujian Aplikasi Dengan Software Metric, Tujuan dari tahap ini adalah pengukuran terhadap aplikasi SAIBA yang sebelumnya sudah dipersiapkan dan dicari kecocokannya dengan software metric yang dapat digunakan (6) Hasil pengujian, Tujuan dari tahap ini adalah hasil yang didapat dari pengujian aplikasi SAIBA dengan software metric yang akan menampilkan kelebihan dan kekurangan dari aplikasi tersebut. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan Cppcheck tidak menemukan kekurangan pada algoritma, container, function, iterator namun pengukuran dengan menggunakan Cppdepend ditemukan berbagai kekurangan pada cyclomatic complexity dan line of code, lalu juga ditemukan kekurangan 3 kritikal yang ada pada blok program global compile dan global match.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

05-06-2019

How to Cite

[1]
Rahmadi, J. and Karmilasari 2019. Pengukuran Software Metric Terhadap Aplikasi Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual Untuk Pengembangan Sistem Informasi Kementerian Pemuda dan Olahraga: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 18, 2 (Jun. 2019), 107–118.
Abstract View: 82 times