TREN RISET E-LEARNING: STUDI BIBLIOMETRIK METADATA ARTIKEL ILMIAH DARI GOOGLE SCHOLAR MENGGUNAKAN ALAT BANTU VOSVIEWER.

Authors

  • Karmilasari Universitas Gunadarma
  • Raden Supriyanto Universitas Gunadarma
  • Lussiana ETP STMIK Jakarta STI&K
  • Dharma Tintri Ediraras Universitas Gunadarma

Keywords:

sistem

Abstract

E-learning dalam konteks pandemi COVID-19, telah menjadi tantangan tidak hanya bagi sistem pendidikan tetapi untuk masyarakat dan motivasi para peneliti. Studi ini bertujuan untuk menganalisis bibliometrik umum mengenai tren fokus risetl bidang e-learning. Sampel yang digunakan adalah metadata bibliometrik bersumber dari artikel jurnal dari database Google Scholar (tidak berbayar karena merupakan hak warga negara untuk mengakses informasi), yang diterbitkan pada tahun 2000 sd 2022, alat bantu yang digunakan adalah aplikasi penemu metadata Publish and Perish, dan aplikasi kesamaan visual VOSViewer. Tinjauan tersebut menghasilkan 781 artikel ilmiah dengan 11772 citasi, dimana tahun 2015, memiliki distribusi tertinggi dan terendah tahun 2000; negara paling produkstif adalah USA dan UK, dan urutan terbawah adalah Iran dan Ghana, sedangkan Indonesia pada urutan ke-12 dari 27 negara. Peta kesamaan visual jejaring riset e-learning menghasilkan 45 terminologi (Item) dalam 4 cluster, 683 koneksi dengan 2633 jejaring, yang menjelaskan bahwa fokus riset terkait e-learning yang sudah banyak dilakukan adalah study, student, technology, dan cource; sedangkan peluang riset e-learning yang masih relatif sedikit adalah plafform, implementasi dan kualitas. Riset lanjutan memuat sampel metadata artikel lengkap dari database lainnya (Berbayar) sehingga dapat diindetifikasi distribusi publikasi dan citasi berdasarkan jenis dokumen, judul artikel , penulis, kata kunci, transdisiplin terkait e-learning, institusi, dan penerbit

Downloads

Published

2022-08-21