Analisis Perbandingan Kepuasan Pengguna Aplikasi Traveloka dan Tiket.com dalam Pembelian Tiket Hotel: Pendekatan Metode PIECES
:
https://doi.org/10.32409/jikstik.24.2.3795
Keywords:
Analisis, PIECES, traveloka, tiket.com, skala likert, pemesanan tiket hotel online, hotelAbstract
Aplikasi Traveloka dan tiket.com merupakan 2 (dua) aplikasi yang memiliki tingkat survey tertinggi menurut sumber DataIndonesia.id pada tahun 2022. Pada penelitian ini melalui survey terhadap 100 responden, dimana pengguna kedua aplikasi tersebut dalam melakukan pelayanan pemesanan tiket hotel secara online. Dalam penelitian ini bahwa kedua aplikasi tersebut memiliki hasil tingkat kepuasan pengguna termasuk dalam kategori puas. Dalam penelitian ini dari 6 (enam) variabel yang memiliki nilai tertinggi ada pada variabel performance dengan memiliki nilai tertinggi senilai 4,09 yaitu aplikasi tiket.com. Dalam varibel yang sama juga aplikasi traveloka memiliki nilai 4,06 terkait performance yang memiliki sedikit selisih yaitu 0,03. Untuk hasil nilai terendah pada variabel service dimana aplikasi tiket.com memiliki lebih tinggi senilai 3,59 berbeda 0,01 saja dengan aplikasi traveloka yang mendapat nilai 3,58.
Downloads
References
Anonim, “Kunjungan wisatawan mancanegara pada April 2024 mencapai 1,07 juta kunjungan, naik 23,23 persen Year-on-Year (Y-onY)” Berita Resmi Statistik No. 32/05/Th.XXVII, Badan Pusat Statistik, 2 Mei 2024.
Anonim, “TPK hotel berbintang selama Agustus 2024 sebesar 55,20 persen dengan jumlah tamu menginap sebanyak 44.308 orang.” Berita Resmi Statistik No. 58/10/62/Th.XVIII, Badan Pusat Statistik, 1 Oktober 2024.
Lidya Yuniartha"Tiket.com Hadirkan 5.400 Pilihan Akomodasi Terapkan Pariwisata Berkelanjutan," MomsMoney, 22 April 2024.[Online]
Francelis Harefa, Nov Elhan Gea, Emanuel zebua, Yupiter Mendrofa (2024). “Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Penjualan Tiket Kamar Hotel Melalui Aplikasi Traveloka” YUME : Journal of Management Volume 7 Issue 2 (2024) Pages 712 – 719
Yuyun Wahyuni, Norianti Lenti (2024). “Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Pada Konsumen Tiket.Com” JBMA : Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi Vol. XI No.1 Maret 2024
Fauzan Shidqi, Yuanita Pratiwi, Danu Rachman Hakim, Rengga Sendrian (2025). “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Universitas Dian Nusantara Menggunakan Slims 9 Dengan Metode End User Computing.” Jurnal Kecerdasan Buatan dan Teknologi Informasi Vol.4,No.1,January 2025, hlm.25-32 e-ISSN: 2964-2922, p-ISSN: 2963- 6191 DOI:https://doi.org/10.69916/jkbti.v4i 1.190
Ibnu Sani Wijaya, Elvi Yanti, Mulyadi, Eni Novianti, Ali Sadikin, Dodi Sandra (2024) “Penerapan Metode PIECES Framework Pada Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi Mytelkomsel Bagi Pengguna di kota Jambi.” Jurnal Ilmiah MEDIA SISFO Vol. 18, No. 2, Oktober 2024 DOI: https://doi.org/10.33998/mediasisfo. 2024.18.2.1585 [8] Teguh Dwi Julianto, Sitti Nur Alam, Salahudin Robo, Muh Riandi Widiyantoro (2021). “Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir Di Program Studi Sistem Informasi Universitas Yapis Papua.” 10 Jurnal TEKNO KOMPAK, Vol.15 No.2 Hal. 142 – 155 DOI: https://doi.org/10.33365/jtk.v15i2.11 52
Risa Nur Islami, Shofa Shofia Hilabi, Agustia Hananto (2023). “Analisis User Experience Aplikasi Traveloka dan Tiket.com Menggunakan Metode User Experience Questionnaire.” Remik: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer Volume 7, Nomor 1. DOI: 10.33395/remik.v7i1.12106
Muhammad Mumtaz, Rudi Sanjaya (2023). “Analisis Tingkat Kepuasaan Pengguna Aplikasi Mobile Traveloka Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS).” Indonesian Journal of Computer Science Vol. 12, No. 5, Ed. 2023 DOI:10.33022/ijcs.v12i5.3454
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
