Purwarupa KIT Remote Auto Engine Cut Off Anti Kredit Macet untuk Kendaraan Bermotor Menggunakan NodemCU ESP 8266 dan Protokol MQTT Berbasis Internet of Things

Authors

  • Satria Wijayandaru
  • Mohamad Yamin Universitas Gunadarma

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.20.1.377

Abstract

Mudahnya pengajuan cicilan kendaraan bermotor membuat banyak orang melakukan kredit kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan kemampuan ekonominya. Akibatnya, tidak jarang terjadi kredit macet, atau keterlambatan membayar cicilan kendaraan bermotor. Hal ini dapat merugikan pihak kreditur. Saat ini, pihak kreditur mempekerjakan debt collector untuk melakukan penagihan secara paksa kepada debitur yang tidak jarang menggunakan cara yang kasar bahkan kekerasan yang menimbulkan keresahan. Penggunaan kit purwarupa remote auto engine cutoff dapat mengurangi pengihan kredit secara manual dengan cara mematikan kontak kendaraan apabila debitur belum melunasi kewajibannya membayar biaya kredit sesuai dengan tanggal yang sudah disepakati. Penelitian ini menggunakan protokol pengiriman pesan jarak jauh MQTT. MQTT dipilih karena open source dan tidak memerlukan bandwidth yang besar dalam proses pengiriman dan penerimaan datanya. Ini memungkinkan perangkat digunakan pada daerah dengan cakupan sinyal yang rendah. Dengan menggunakan protokol MQTT, pengiriman pesan dapat dilakukan dengan cepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata waktu yang diperlukan dalam percobaan pengiriman pesan menggunakan protokol MQTT sebanyak sepuluh kali percobaan dengan jarak antara perangkat dan akses poin satu meter tanpa penghalang adalah 0,956 milidetik pada topik “user1” dan 1,908 milidetik pada topik “report”, kemudian saat perangkat dan akses poin berjarak sejauh lima meter tanpa penghalang memerlukan waktu rata-rata 1,206 milidetik pada topik “user1” dan 14,256 milidetik pada topik “report”. Kemudian dilakukan percobaan dengan jarak antara perangkat dan akses poin sejauh lima meter dengan satu buah tembok penghalang, rata-rata waktu yang ditempuh dalam sepuluh percobaan adalah 1,319 milidetik pada topik “user1” dan 74,744 milidetik pada topik “report”

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

31-03-2021

How to Cite

[1]
Wijayandaru, S. and Yamin, M. 2021. Purwarupa KIT Remote Auto Engine Cut Off Anti Kredit Macet untuk Kendaraan Bermotor Menggunakan NodemCU ESP 8266 dan Protokol MQTT Berbasis Internet of Things . Jurnal Ilmiah Komputasi. 20, 1 (Mar. 2021), 23–28. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.20.1.377.
Abstract View: 24 times