Model Modifikasi Kesuksesan Delone & McLean dan EUCS untuk Evaluasi Kesuksesan Website Astranet
:
https://doi.org/10.32409/jikstik.23.4.3652Keywords:
Evaluasi, kesuksesan, website, Delone & Mclean, EUCSAbstract
Kemajuan teknologi informasi membuat internet menjadi elemen penting dalam kehidupan sehari-hari dan mendukung proses bisnis perusahaan besar, termasuk PT. XYZ yang menggunakan website Astranet sebagai sistem informasi untuk karyawannya. Meski Astranet dirancang untuk mempermudah tugas karyawan tetapi masalah seperti kesulitan login dan fitur yang kurang optimal masih muncul. Evaluasi sistem diperlukan karena kesuksesan implementasi tidak hanya bergantung pada teknologi, tetapi juga pada kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan website Astranet dengan modifikasi model Delone & McLean ISSM dan EUCS yang terdiri dari tujuh variabel yaitu kualitas informasi kualitas sistem kualitas layanan, format, content, kepuasan pengguna dan manfaat bersih. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang disebarkan kepada 150 responden pengguna website Astranet dan analisis data dilakukan menggunakan SEM-PLS dengan aplikasi SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesuksesan implementasi Astranet dipengaruhi oleh faktor kualitas sistem, format, dan kepuasan pengguna terhadap manfaat bersih. Sehingga diharapkan dapat memberikan panduan pengembang untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas website Astranet
Downloads
References
D. Wiryany, S. Natasha, and R. Kurniawan, “KOMUNIKASI TERHADAP PERUBAHAN SISTEM,” vol. 8, no. November, pp. 242–252, 2022.
G. B. Putri and T. Sutabri, “Analisis Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan ITIL V3 Domain Service Operation Pada Perusahaan CV. Cemerlang Komputer Palembang,” Multidisciplinary on Social and Technology, vol. 1, no. 2, pp. 1–6, 2023, [Online].
T. Sutabri, T. Sugiharto, R. A. Krisdiawan, and M. A. Azis, “Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Progres Proyek Properti Berbasis Website Pada PT Peruri Properti,” vol. 8, no. 2, pp. 17–29, 2022.
R. Firnanda and S. W. Hati, “Analisis Penggunaan Sistem Informasi Inaportnet Terhadap Kepuasan Pengguna dan Dampaknya Pada Kinerja Karyawan pada Perusahaan Pelayaran di Kota Batam,” JURNAL AKUNTANSI, EKONOMI dan MANAJEMEN BISNIS, vol. 9, no. 2, pp. 143–154, 2021, doi: 10.30871/jaemb.v9i2.3416.
J. Hartono, Model Kesuksesan Sistem Teknologi informasi. Yogyakarta: ANDI OFFSET Yogyakarta, 2007.
E. Sorongan and Q. Hidayati, “Integration of eucs variables into delone and mclean models for E-government evaluation: Conceptual models,” Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, vol. 6, no. 1, pp. 32–42, 2020, doi: 10.26594/register.v6i1.1608.
W. J. Doll and G. Torkzadeh, “The Measurement of End-User Computing Satisfaction,” MIS Quarterly, 1988.
G. Alfiansyah, A. S. Fajeri, M. W. Santi, and S. J. Swari, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Electronic Health Record (EHR) Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) di Unit Rekam Medis Pusat RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo,” Jurnal Penelitian Kesehatan “SUARA FORIKES” (Journal of Health Research “Forikes Voice”), vol. 11, no. 3, p. 258, 2020, doi: 10.33846/sf11307.
H. Setiawan and D. Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi, vol. 2, no. 2, pp. 162–175, 2021, doi: 10.35957/jtsi.v2i2.1375.
G. Pujana, I. Made Ardwi Pradnyana, and I. Ketut Resika Artha, “Analisis Kepuasan Pengguna E-Rapor Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (Eucs) Di Smp Negeri 1 Sukasada,” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 12, no. 1, pp. 57–66, 2023, [Online].
Raihan, Metode Penelitian. Universitas Islam jakarta, 2017.
Hardani et al, Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, no. March. CV. Pustaka Ilmu Yogyakarta, 2020.
Darsini, Fahrurrozi, and E. A. Cahyono, “Pengetahuan ; Artikel Review,” Jurnal Keperawatan, vol. 12, no. 1, p. 97, 2019.
I. Ghozali and H. Latan, Partial Least Squares Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Universitas Dipenogoro Semarang, 2015.
J. F. Hair, G. T. M. Hult, and C. M. Ringle, “A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM),” 2017.
M. N. Tuzzahra and S. Tirtayasa, “Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan Zalora Di Kota Medan,” Jurnal Salman (Sosial dan Manajemen), vol. 1, no. 2, pp. 19–30, 2020.