Perancangan Ulang UI/UX Sistem Informasi Akademik Universitas di Surabaya dengan Metode Design Thinking
:
https://doi.org/10.32409/jikstik.23.4.3651
Keywords:
User Experience, Desain, Academic Information Systems., UsabilityAbstract
Universitas XYZ Surabaya merupakan sebuah institusi pendidikan tinggi swasta, telah secara efektif yang menggunakan teknologi informasi ke dalam operasional akademiknya. Setelah melakukan wawancara terhadap 10 mahasiswa, diketahui bahwa SIMAS memiliki beberapa permasalahan UI dan UX. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan rekomendasi perbaikan desain antarmuka website SIMAS guna meningkatkan kenyamanan dan kepuasan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan akademik. Pendekatan metode yang digunakan adalah menggunakan metode design thinking dan pengujian usability menggunakan metode performance measurement dan system usability scale (SUS). Hasil pengujian setelah dilakukannya perancangan ulang UI/UX SIMAS terjadi peningkatan nilai, untuk aspek effectiveness sebesar 97%, aspek efficiency sebesar 94%, dan aspek satisfaction sebesar 84,75%. Berdasarkan hasil pengujian, penelitian ini telah berhasil meningkatkan kualitas usability dari website SIMAS.
Downloads
References
J. C. Wibawa, "Rancang Bangun Sistem Infor- masi Akademik (Studi Kasus : Smpit Nurul Is- lam Tengaran)", Infotronik J. Teknol. Inf. dan Elektron., vol. 2, no. 2, p. 75, doi: 10.32897/in- fotronik.2017.2.2.33, 2017.
Aron Bangor, Philip T. Kortum and James T. Miller, "An Empirical Evalua- tion of the System Usability Scale", In- ternational Journal of Human-Computer Interaction, vol. 24, No.6, pp: 574-594. https://doi.org/10.1080/10447310802205776, 2008.
Fadilah Alfan Wachid,Tri Sagirani, Sri Hari- ani Eko Wulandari, "Implementasi Metode De- sign Thinking Untuk Validasi Ide Startup Find Dosen", Jurnal Sistem Informasi Universitas Dinamika, vol. 11, no. 1. 2022.
D. S. Bila and D. R. Indah, "Perancan- gan Ulang UI-UX Desain Website BKKBN Provinsi Sumatera Selatan dengan Metode De- sign Thinking", KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komputer, vol. 3, no. 6, pp. 746-753, doi: 10.30865/klik.v3i6.870, 2023.
M. S. Tuloli, R. Patalangi, and R. Takdir, "Pengukuran Tingkat Usability Sistem Aplikasi e-Rapor Menggunakan Metode Usability Test- ing dan SUS", Jambura J. Informatics, vol. 4, no. 1, pp. 13-26, doi: 10.37905/jji.v4i1.13411, 2022.
K. Hasna, M. Defriani, dan M. H. Totohen- darto, "Redesign User Interface dan User Ex- periencepada Website Eclinic Menggunakan Metode Design Thinking", KLIK Kaji. Ilm. In- form. dan Komputer, vol. 4, no. 1, pp. 84-92, doi: 10.30865/klik.v4i1.1072, 2023.
T. Brown, "Design Thinking", Harvard Busi- ness Review, pp. 1-11, 2008.
S. A. Nuswantoro, "Interaksi Manusia dan Komputer: Pengantar dan Prinsip Dasar", Penerbit Adab, 2023.
S. Utama, "Perbaikan User Interface Hala- man Internet Banking dengan Metode Usabil- ity Testing", Skripsi, Fakultas Teknik, Univer- sitas Indonesia, 2011.
T. Wahyuningrum, "Mengukur Usability Perangkat Lunak", Deepublish, no. 1596, p. 96, 2021.
D. Kelley and T. Brown, "An introduction to Design Thinking", Institute of Design at Stanford, doi: https://doi. org/10.1027/2151- 2604/a000142, 2018.
R. F. Dam and T. Y. Siang,"Define and Frame Your Design Challenge by Creating Your Point Of View and Ask "How Might We." The Interaction Design Foundation, diakses daring pada https://www.interaction- design.org/literature/article/define-and- frame-your-design-challenge-by-creating-your- point-of-view-and-ask-how-might-we, 2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
