Analisis Kepuasan Pengguna terhadap Kualitas Layanan Penyedia Jasa Internet dengan Metode Kuantitatif

Authors

  • Priyono Universitas BSI
  • Bibit Sudarsono Universitas BSI
  • Jefi Universitas BSI
  • Rahmat Tri Yunandar Universitas BSI
  • Baginda Oloan Lubis Universitas BSI

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.23.3.3619

Keywords:

Analisis Tingkat Kepuasan, Google Form, Kuesioner, Metode Kuantitatif Static Deskriptif

Abstract

ISP adalah lembaga yang menyediakan jaringan untuk akses internet serta layanan pemeliharaan infrastruktur internet. Namun, ISP sering menghadapi masalah seperti responsivitas pelayanan yang lambat, kualitas jaringan yang tidak stabil, harga pelayanan, dan kehandalan jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan ISP dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif statis. Empat variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah responsivitas pelayanan, kualitas jaringan, harga layanan, dan kehandalan jaringan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responsivitas pelayanan memiliki persentase 82,05%, kualitas jaringan 82,22%, harga layanan 78,95%, dan kehandalan jaringan 81,22%, semuanya berada dalam kategori puas. Kesimpulannya, pengguna layanan ISP merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. M. Nareswari and A. P. S. T, “Analisis Kepuasan Pemakai Layanan Wifi . Id Pada Wifi . Id Corner Di Kota Bandung Analysis User Satisfaction of Wifi . Id At Wifi . Id Corner in Bandung,” vol. 3, no. 2, pp. 1041–1046, 2016.

A. B. Kadi, R. Munadi, and N. Fitriyanti, “Implementasi Firewall Mikrotik Sebagai Marking Route Untuk,” vol. 2, no. 2, pp. 132–139, 2023.

A. Sumandito, M. Faisal, W. Widyastuty, and N. Alam, “SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL DI YAYASAN PB . SOEDIRMAN,” vol. 8, no. 3, pp. 3901–3909, 2024.

E. B. Setiyawan and A. Fadlian, “Pertimbangan Putusan Hakim Dalam Perkara Tindak Pidana Penyedia Jasa Telekomunikasi Internet Wifi Ilegal,” vol. 25, no. 1, pp. 117–128, 2024.

A. Febriani and N. Hidayati, “Penerapan Aplikasi Program Penjualan Dan Pembelian Menggunakan Model Rapid Application Development,” J. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 261–271, 2017.

A. A. Dewanto, D. B. B. Shah Khadafi, and R. Uttungga, “Implementasi Keamanan ACL dan Pembatasan Porsi Host pada Wifi Router untuk Layanan FTTH Jaringan Indihome,” pp. 306–314, 2024.

V. O. L. X. N. O. Februari, B. Wicaksono, and A. Fajri, “Analisis Gangguan Akses FTTH Layanan Internet PT . Circlecom Nusantara IndonesiaWilayah Pantai Indah Kapuk,” vol. X, no. 1, pp. 23–27, 2024.

A. Muslimah, “Menelaah Masalah dalam Industri Layanan Warnet dengan Pendekatan Metode Servqual,” vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2024.

A. Zulviko et al., “Analisis Pengaruh Loyalitas Pelanggan, Persepsi Harga dan Minat Pelanggan terhadap Pemilihan Penyedia Jasa Layanan Internet (Literature Review Manajemen Pemasaran),” J. Ilmu Manaj. Terap., vol. 4, no. 3, p. 413, 2022, [Online]. Available: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

A. F. Djollong, “Teknik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif (Technique of Quantiative Research),” Istiqra’, vol. 2, no. 1, pp. 86–100, 2014.

B. Santoso, A. Haidir, H. Destiana, and H. Fakhriza, “Analisis Tingkat Kepuasan Penggunaan Aplikasi Gojek Khusus Driver Menggunakan Metode EUCS,” J. Ilm. Komputasi, vol. 23, no. 1, pp. 105–112, 2024, doi: 10.32409/jikstik.23.1.3514.

Downloads

Published

17-09-2024

How to Cite

[1]
Priyono, .-., Sudarsono, B., Jefi, .-., Yunandar, R.T. and Lubis, B.O. 2024. Analisis Kepuasan Pengguna terhadap Kualitas Layanan Penyedia Jasa Internet dengan Metode Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Komputasi. 23, 3 (Sep. 2024), 06. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.23.3.3619.
Abstract View: 0 times