Penerapan Model View Controller Berbasis Framework Codeigniter Pada Sistem Penjualan. Studi Kasus : Toko Jaya Motor)

Authors

  • Maria Sri Wulandari STMIK Jakarta STI&K
  • Rahayu Noveandini STMIK Jakarta STI&K
  • Febriansyah STMIK Jakarta STI&K

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.23.2.3597

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi dunia bisnis yang begitu pesat, setiap orang yang beranggapan bahwa melakukan proses transaksi jual beli harus dilakukan dengan cara datang langsung ke tempat kini telah bergeser. Teknologi internet mempunyai efek yang sangat besar pada perdagangan atau bisnis. hanya dari rumah atau ruang kantor, calon pembeli dapat melihat produk-produk pada layar komputer, mengakses informasinya, melakukan pemesanan dan membayar dengan pilihan yang tersedia. Calon pembeli dapat menghemat waktu dan biaya karena tidak perlu datang ke toko atau tempat transaksi sehingga dari tempat duduk mereka dapat mengambil keputusan dengan cepat. Dalam bisnis menjual berbagai sparepart kendaraan berbagai jenis merk kendaraan bermotor,  saat ini Toko Jaya Motor masih menggunakan sistem konvensional, dimana para pelanggan harus datang langsung ke Toko. Merancang dan membangun sistem penjualan berbasis web menggunakan metode pengembangan sistem model Waterfall yang menekankan pembuatan yang berurutan dan sistematis. Pola arsitektur yang digunakan pada pembuatan sistem ini dengan Model View Controller (MVC) dengan bantuan framework codeigniter dan Bootstrap sebagai bantuan pembuatan web yang dinamis dan responsif. Perancangan sistem yang digunakan dalam pembuatan website ini adalah Unified Modeling Language (UML) dan Entity Relationship Diagram (ERD) untuk menunjukan relasi database. Sistem yang dibangun dapat menampilkan secara online tentang layanan dan produk, sehingga dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Saad, M.I., 2020. Otodidak Web Programming: Membuat Website Edutainment. Elex Media Komputindo.

Eddy Suprihadi , 2020, Sistem Informasi Bisnis Dunia, AndiPublisher,Yogyakarta.

Mochahmad Wahyudi, 2021, Fullstack Developer Aplikasi Penjualan Tiket Bioskop, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Cholifah, W.N., Yulianingsih, Y. and Sagita, S.M., 2018. Pengujian black box testing pada aplikasi action & strategy berbasis android dengan teknologi phonegap. STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi), 3(2), pp.206-210. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/string.v3i2.3048.

Abdullah, Rohi, 2017, Membuat Toko Online dengan Teknik OOP, MVC, dan AJAX, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Nistrina, K. and Sahidah, L., 2022. Unified Modelling Language (Uml) Untuk Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Di Smk Marga Insan Kamil. J-SIKA| Jurnal Sistem Informasi Karya Anak Bangsa, 4(1), pp.17-23.

Subagia, Anto, 2017, Membangun Aplikasi dengan Codeigniter dan Database SQL Server, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Budiman, Dheni Apriantsani., Nugraha, Decky Maulana., 2019, “Aplikasi Raport Online Berbasis Web Menggunakan Framework CodeIgniter”, Jurnal Computech & Bisnis STMIK Mardira Indonesia, Bandung.

Downloads

Published

02-07-2024

How to Cite

[1]
Wulandari, M.S., Noveandini, R. and Febriansyah, F. 2024. Penerapan Model View Controller Berbasis Framework Codeigniter Pada Sistem Penjualan. Studi Kasus : Toko Jaya Motor). Jurnal Ilmiah Komputasi. 23, 2 (Jul. 2024), 263–268. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.23.2.3597.
Abstract View: 0 times