Implementasi Algoritma Apriori dan FP-Growth untuk Menganalisis Pola Pembelian Produk Skincare dan Kosmetik

Authors

  • Anggun Fergina Teknik Informatika, Universitas Nusa Putra
  • Putri Ayu Negara Teknik Informatika, Universitas Nusa Putra
  • Alun Sujjada Teknik Informatika, Universitas Nusa Putra
  • Imam Sanjaya Teknik Informatika, Universitas Nusa Putra
  • Hermanto Teknik Informatika, Universitas Nusa Putra

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.23.3.3592

Keywords:

Algoritma, Apriori, FP-Growth, Analisis, Kosmetik

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penerapan algoritma Apriori dan FP-Growth dalam menganalisis pola pembelian produk skincare dan kosmetik di Toko XYZ. Kedua algoritma ini digunakan untuk mengidentifikasi item-item yang sering dibeli bersama oleh pelanggan, yang dapat memberikan wawasan berharga untuk strategi pemasaran dan penataan produk. Data transaksi historis dari toko tersebut dikumpulkan dan diproses untuk menentukan set item yang sering muncul dan aturan asosiasi antara produk. Algoritma Apriori mengidentifikasi hubungan antar-item dengan iterasi kandidat berdasarkan nilai support dan confidence yang ditetapkan, sedangkan FP-Growth memanfaatkan struktur FP-Tree untuk efisiensi dalam pengolahan data yang besar. Hasil dari analisis ini diharapkan dapat membantu Toko XYZ dalam merancang promosi silang yang efektif, meningkatkan penjualan, dan memperbaiki pengalaman belanja pelanggan. Penelitian ini menunjukkan bagaimana teknik data mining dapat diterapkan dalam konteks bisnis ritel kecil hingga menengah untuk mengoptimalkan operasional dan pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Febrian and Thomas, "PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGANALISA DATA PENJUALAN BARANG DI SWALAYAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH," FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI,UNIVERSITAS BUDDHI DHARMA TANGERANG, 2022.

Ulkhairi and Meta, "IMPLEMENTASI DATA MINING PENJUALAN KOSMETIK DENGAN ALGORITMA APRIORI," FAKULTAS TEKNIK DAN KOMPUTER, 2020.

B. Permana and Yola, "ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENGANALISA POLA PEMBELIAN OLEH-OLEH (STUDI KASUS DI PUSAT OLEH-OLEH UMMI AUFA HAKIM)," Universitas Tjut Nyak Dhien, vol. VI, no. 1, 2020.

R. Rizal and H. Nanang, "Penerapan Metode Algoritma Apriori dan FP-Tree Pada Penentuan Pola Pembelian Obat," Universitas Bina Sarana Informatika, vol. XXII, no. 2, 2020.

N. Eva, R. Herdiana and N. Nisa, "PENERAPAN ASOSIASI MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH PADA POLA TRANSAKSI PENJUALAN DI TOKO ROTI," Teknik Informatika, STMIK IKMI CIREBON, vol. VII, no. 1, 2023.

Sihombing, E. Intani, Y. Milfa, Ginting and R. Imanta, "Penerapan Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Pupuk Cair Dengan Menggunakan Metode Algoritma Apriori Dan Frequent pattern growth (Fp Growth) Di Ud. Anugerah Tani Saribudolok," Sistem Informasi, STMIK Triguna Dharma,, vol. III, no. 2, 2020.

L. Novia, G. Refika and Fitria, "Implementasi Data Mining untuk Menentukan Pola Penjualan dengan Market Basket Analysis," Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Imam Bonjol Padang, vol. I, no. 1, 2021.

M. Muhammad, Kusrini and Sudarmawan, "Perbandingan Algoritma Apriori Dan Algoritma Fp-Growth Untuk Rekomendasi Item Paket Pada Konten Promosi," Universitas Amikom Yogyakarta, vol. XI, no. 2, 2021.

E. Prasetya, Ikhsan, F. Ariyani and Pipin, "PENERAPAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS TERHADAP DATA PENJUALAN CAT FOOD MENGGUNAKAN ALGORITME FREQUENT-PATTERN GROWTH PADA SURYA PETSHOP," Fakultas Teknologi Informasi,Universitas Budi Luhur, vol. II, no. 2, 2023.

H. SABARTO and ADAM, "ANALISIS FREKUENSI DATA PENJUALAN SAFFRON MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DAN FP-GROWTH," FAKULTAS ILMU KOMPUTER,UNIVERSITAS MERCU BUANA, 2021.

Downloads

Published

18-09-2024

How to Cite

[1]
Fergina, A., Putri Ayu Negara, Alun Sujjada, Imam Sanjaya and Hermanto 2024. Implementasi Algoritma Apriori dan FP-Growth untuk Menganalisis Pola Pembelian Produk Skincare dan Kosmetik . Jurnal Ilmiah Komputasi. 23, 3 (Sep. 2024), 15. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.23.3.3592.
Abstract View: 0 times