Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Mobile Shopee Indonesia Menggunakan HEART dan PULSE Metrics (Survei pada Konsumen Shopee Generasi X)
:
https://doi.org/10.32409/jikstik.23.1.3531Keywords:
User Experience, Aplikasi Mobile, E-commerce, HEART Metrics, PULSE MetricsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pengalaman pengguna mobile aplikasi Shopee dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam membentuk pengalaman pengguna. Populasi penelitian ini meliputi pengguna aplikasi mobile Shopee di Indonesia yang merupakan Genersasi X (kelahiran 1965-1980) dengan sampel sebanyak 210 orang. Pemilihan sampel dalam penelitian ini mengadopsi metode pengambilan sampel non-probabilitas, khususnya melalui pendekatan purposive sampling . Untuk menganalisis data yang dikumpulkan, penelitian ini menggunakan metode Second Order Confirmatory Factor Analysis menggunakan model struktur linier (LISREL). Temuan dari analisis ini mwnunjukan bahwa dimensi pembentuk pengalaman pengguna aplikasi mobile Shopee yang berada dalam kategori baik yaitu Adaption & Retention, Uptime sedangkan dimensi dalam kategori baik sekali adalah Happiness, Engagement, Task Success, Page Views, Latency, Seven Day Active Users, Earnings. Diantara semua dimensi tersebut, faktor yang paling dominan dari pengalaman pengguna mobile application Shopee Indonesia dilihat berdasarkan nilai T-Statistics dari dimensi user experience yang memiliki nilai tertinggi sebesar 13,72 yaitu dimensi HappinesDownloads
References
S. Kaur and R. K. Tailor, “Digital marketing and it’s impact on the buying behaviour of the consumers,” J. Manag. Res. Anal., vol. 10, no. 2, pp. 128–134, 2023, doi: 10.18231/j.jmra.2023.022.
iPrice Insight, “Daftar 50 website & aplikasi e-commerce di Indonesia - iprice. Peta E-Commerce Indonesia,” Https://Iprice.Co.Id/Insights/Mapofecommerce/ . 2022.
Kumparan.com, “Profil Perusahaan Shopee sebagai Aplikasi Belanja Online Asia,” Kumparan.Com. 2022.
KPMG, “The truth about online consumers: 2017 Global Online Consumer Report,” KPMG Int. Coop., pp. 17–23, 2017, [Online]. Available: http://www.nature.com/scientificamericanmind/journal/v18/n1/full/scientificamericanmind0207-28.html
Monavia Ayu Rizaty, “Ragam E-Commerce Favorit Konsumen Indonesia, Apa Saja?,” DataIndonesia.id. 2022.
K. Rodden, H. Hutchinson, and X. Fu, “Measuring the user experience on a large scale: User-centered metrics for web applications,” Conf. Hum. Factors Comput. Syst. - Proc., vol. 4, pp. 2395–2398, 2010, doi: 10.1145/1753326.1753687.
A. Chan, M. Maharani, and P. W. Tresna, “Perbandingan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Go-Jek Dan Grab (Studi Pada Konsumen Pt Go-Jek Dan Pt Grab Indonesia Di Dki Jakarta),” AdBispreneur, vol. 2, no. 2, 2017, doi: 10.24198/adbispreneur.v2i2.13183.
R. Rubinoff, “How To Quantify The User Experience,” sitepoint.com, 2004. https://www.sitepoint.com/quantify-user-experience/ (accessed Oct. 06, 2022).
R. F. Al, “The International Journal of Business and Management Research,” Int. J. Bus. Manag. Res., no. December 2019, pp. 1–17, 2016.
P. I. Santosa, “Measuring User Experience in An Online Store Using PULSE and HEART Metrics,” J. Ilm. Kursor (Terakreditasi Dikti), vol. 7, no. 3, pp. 145–153, 2014.
Rusdin and S. Paulus, Metodologi Penelitian Sosial, Suatu Pendekatan Teori dan Praktis. Bandung: Alfabeta, 2018.
N. K. Malhotra, Marketing research : an applied orientation seventh edition. Delhi: Pearson India Education, 2016.
N. Tabri and C. M. Elliott, Principles and Practice of Structural Equation Modeling, vol. 1, no. 1. 2012. doi: 10.15353/cgjsc-rcessc.v1i1.25.
N. A. Dewi, R. Rahmawati, and M. A. Mukid, “Analisis Kepuasan Pengunjung Menggunakan Second Order Confirmatory Factor Analysis Pada Structural Equation Modeling,” J. Gaussian, vol. 4, no. 1, pp. 83–92, 2015, [Online]. Available: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/gaussian
M. M. Efendi and J. D. T. Purnomo, “Analisis Faktor Konfirmatori untuk Mengetahui Kesadaran Berlalu Lintas Pengendara Sepeda Motor di Surabaya Timur,” J. Sains dan Seni ITS, vol. 1, no. 1, pp. 106–111, 2012, [Online]. Available: http://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/download/965/270
B. K. Yogatama, “Generasi X dan Baby Boomers Berbelanja Daring Lebih Banyak dari Milenial,” Https://Www.Kompas.Id/. 2021. [Online]. Available: https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2021/06/09/generasi-x-dan-baby-boomer-berbelanja-daring-lebih-banyak-dari-milenial/
A. De Angeli, J. Hartmann, and A. Sutcliffe, “The effect of br and on the evaluation of websites.”