Analisis Tingkat Kepuasan Penggunaan Aplikasi Gojek Khusus Driver Menggunakan Metode EUCS

Authors

  • Budi Santoso Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ali Haidir Universitas Bina Sarana Informatika
  • Priyono Universitas Bina Sarana Informatika
  • Henny Destiana Universitas Bina Sarana Informatika
  • Muhammad Hilman Fakhriza Universitas Nusa Mandiri

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.23.1.3514

Keywords:

Gojek, EUCS, Kepuasan Pengguna

Abstract

Semakin padatnya jumlah penduduk, sering kali tidak diimbangi dengan keberadaan jumlah transportasi umum, contohnya Gojek yang memadai. Kota Bekasi adalah salah satunya. Dalam hal ini mengenai ketersediaan transportasi umum yang aman dan nyaman bagi penduduknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja driver terhadap aplikasi khusus driver Gojek di Bekasi. Dengan seluruh populasi mitra driver gojek di Bekasi sebanyak 18.000, lalu sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Lokasi penelitian dibekasi tepatnya dibasecamp mitra driver. Metodologi penelitian pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yaitu metode yang menggunakan data berupa angka dan nantinya diolah agar dapat menjawab rumusan masalah. Dalam mengukur suatu tingkat kepuasan pengguna aplikasi khusus driver Gojek menggunakan metode EUCS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kepuasan pengguna terhadap variabel content mendapat nilai sebesar 87%, Accuracy mendapat nilai sebesar 72%, format 76%, ease of use 61%, timelines 47%. dalam hal ini peneliti berasumsi bahwa adanya pelayanan ini, mitra driver gojek menjadi lebih baik dan efisien dalam menjalankan orderan. Hal ini menunjukkan bahwa adanya suatu perkembangan yang baik dari pihak perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. S. Bawardi, A. Rachmadi, and N. H. Wardani, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Driver Ojek Online Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 8, pp. 7694–7700, 2019.

D. Novita, “Analisis Pengaruh Implementasi E-Learning Vilep di Poltekkes Kemenkes Palembang dengan Pendekatan EUCS,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 1, pp. 29–41, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i1.290.

M. A. Sugandi and R. M. N. Halim, “Analisis End-User Computing Satisfaction (Eucs) Pada Aplikasi Mobile Universitas BiSugandi, M. A., & Halim, R. M. N. (2020). Analisis End-User Computing Satisfaction (Eucs) Pada Aplikasi Mobile Universitas Bina Darma. Sistemasi, 9(1), 143. https://doi.org,” Sistemasi, vol. 9, no. 1, p. 143, 2020.

N. L. A. K. Y. Sarja, “Pengukuran Kepuasan Pengguna Sistem Informasi,” Konf. Nas. Sist. Inform., vol. 12, no. 2016, pp. 836–840, 2017.

K. R. Hadi, H. M. Az-zahra, and L. Fanani, “Analisis Dan Perbaikan Usability Aplikasi Mobile KAI Access Dengan Metode Usability Testing Dan Use Questionnaire,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 9, pp. 2742–2750, 2018.

A. Fitriansyah and I. Harris, “Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” Query J. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2018.

N. R. Setyoningrum, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek dan Skripsi (SKKP) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Appl. Informatics Comput., vol. 4, no. 1, pp. 17–21, 2020, doi: 10.30871/jaic.v4i1.1645.

E. F. Rahayu, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi UG In Your Hand Dengan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” ICIT J., vol. 6, no. 2, pp. 213–226, 2020, doi: 10.33050/icit.v6i2.1118.

R. D. Kristy and W. A. Kusuma, “Analisis Tingkat Kepuasan Dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi Universitas Muhammadiyah Malang,” Tek. Eng. Sains J., vol. 2, no. 1, p. 17, 2018, doi: 10.51804/tesj.v2i1.223.17-24.

Y. Asni and D. Irfan, “Analisis Kepuasan Pengguna Dalam Pemanfaatan E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs) Di Smk N 2 Pariaman,” Jav. J. Vokasi Inform., pp. 110–120, 2022, doi: 10.24036/javit.v2i1.75.

Y. Lestonac, E. Wumbu, and D. Eriend, “Pengaruh Media Sosial Tik Tok terhadap Gaya Komunikasi Siswa SDN 18 Kinali Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat,” J. Ilmu Komun. Dan Media Sos., vol. 2, no. 1, pp. 8–21, 2022.

B. O. Lubis, A. Salim, and Jefi, “Evaluasi Usability Sistem Aplikasi Mobile JKN Menggunakan Use Questionnaire,” J. Saintekom, vol. 10, no. 1, pp. 65–76, 2020.

B. O. Lubis, B. Santoso, A. M. B. Aji, A. Haidir, and A. Salim, “Analisis Penggunaan Aplikasi LOS Terhadap Percepatan Aproval Kredit,” J. Speed – Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 11, no. 3, pp. 6–13, 2019, [Online]. Available: speed.web.id.

Downloads

Published

12-03-2024

How to Cite

[1]
Santoso, B., Haidir, A., Priyono, P., Destiana, H. and Fakhriza, M.H. 2024. Analisis Tingkat Kepuasan Penggunaan Aplikasi Gojek Khusus Driver Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Ilmiah Komputasi. 23, 1 (Mar. 2024), 105–111. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.23.1.3514.
Abstract View: 0 times