Analisis Kualitas Website Kompasiana.com dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA)

Authors

  • Krisna Mustikarani Universitas Gunadarma
  • Cut Maisyarah Karyati Universitas Gunadarma

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.23.1.3506

Abstract

Kompasiana.com adalah user generated content platform yang memberikan fasilitas kepada pengguna untuk membuat konten dalam berbagai format seperti tulisan artikel, foto, dan video. Kompasiana.com menjadi salah satu platform blogging dan media sosial populer di Indonesia. Kompasiana.com memiliki lebih dari 4 juta anggota dan 2,5 juta artikel yang telah ditayangkan. Perlu dilakukan evaluasi berdasarkan persepsi pengguna untuk mengetahui kualitas website menggunakan metode WebQual 4.0 yang berfokus pada Kualitas Kegunaan (Usability Quality), Kualitas Informasi (Information Quality), dan Kualitas Layanan Interaksi (Service Interaction Quality) sebagai variabel bebas. Penelitian juga dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu kepuasan pengguna (User Satisfication). Metode Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk mengetahui prioritas perbaikan yang perlu dilakukan pada website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas website positif, dilihat dari mayoritas penilaian sangat setuju untuk performance website, walaupun perlu perbaikan pada kualitas Informasi. Berdasarkan Uji T dan Uji F menunjukkan terdapat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara simultan dengan koefisien determinasi 75%. Perbaikan yang perlu diprioritaskan pada website adalah website dapat menyediakan informasi yang dapat dipercaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-03-2024

How to Cite

[1]
Mustikarani, K. and Cut Maisyarah Karyati 2024. Analisis Kualitas Website Kompasiana.com dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Ilmiah Komputasi. 23, 1 (Mar. 2024), 83–92. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.23.1.3506.
Abstract View: 0 times