The Pengujian Black Box Testing pada Sistem Informasi Assesment Berbasis WEB di Bidang Pariwisata

Authors

  • Fariz Cahyo Hudi Universitas Gunadarma
  • Cut Maisyarah Karyanti Universitas Gunadarma

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.22.4.3490

Keywords:

sistem, informasi, black box, pengujian, assessment

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sudah menjadi bagian kebutuhan bagi masyarakat umum dan pekerja. Tidak terkecuali dalam bidang pariwisata. Setiap personil pada bidang pariwisata memerlukan assessment untuk tetap menjaga kredibilitas dan layanan kepada masyarakat. Dengan demikian perlu untuk membangun aplikasi assessment berbasis web sebagai media untuk assessment bagi seluruh personil pariwisata untuk meningkatkan mutu dan kualitas. Dan untuk mendapatkan hasil yang optimal maka dilakukan pengujian secara menyeluruh terhadap interface system aplikasi dengan menggunakan metode blackbox testing dengan tujuan untuk mengetahui apakah seluruh aplikasi telah berjalan sesuai dengan fungsi dan sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Peneliti akan menggunakan metode kuantitatif.Perkembangan teknologi saat ini sudah menjadi bagian kebutuhan bagi masyarakat umum dan pekerja. Tidak terkecuali dalam bidang pariwisata. Setiap personil pada bidang pariwisata memerlukan assessment untuk tetap menjaga kredibilitas dan layanan kepada masyarakat. Dengan demikian perlu untuk membangun aplikasi assessment berbasis web sebagai media untuk assessment bagi seluruh personil pariwisata untuk meningkatkan mutu dan kualitas. Dan untuk mendapatkan hasil yang optimal maka dilakukan pengujian secara menyeluruh terhadap interface system aplikasi dengan menggunakan metode blackbox testing dengan tujuan untuk mengetahui apakah seluruh aplikasi telah berjalan sesuai dengan fungsi dan sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Peneliti akan menggunakan metode kuantitatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R dan D. Bandung: Alfabeta. 2009.

F. C. Ningrum, D. Suherman, S. Aryanti, H. A. Prasetya, dan A. Saifudin, “Pengujian Black Box pada Aplikasi Sistem Seleksi Sales Terbaik Menggunakan Teknik Equivalence Partitions,” Jurnal Informasi Univiversitas Pamulang, vol. 4, no. 4, hlm. 125–130, 2019.

R. B. Trengginaz, A. Yusup, D. S. Sunyoto, M. R. Jihad, dan Y. Yulianti,

E-ISSN : 2714-9706

“Pengujian Aplikasi Pemesanan Tiket Kereta berbasis Website Menggunakan Metode Black Box dengan Teknik Equivalence Partitioning,” Jurnal Teknologi. Sistem Informasi Dan Aplikasi., vol. 3, no. 3, hlm. 144–149, 2020.

Downloads

Published

17-01-2024

How to Cite

[1]
Hudi, F.C. and Karyanti, C.M. 2024. The Pengujian Black Box Testing pada Sistem Informasi Assesment Berbasis WEB di Bidang Pariwisata. Jurnal Ilmiah Komputasi. 22, 4 (Jan. 2024), 553–560. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.22.4.3490.
Abstract View: 0 times