PENGEMBANGAN EDITOR SISTEM PARTIKELSTEREOGRAPHICUNTUKSIMULASI ASAP
:
https://doi.org/10.32409/jikstik.12.1.343Abstract
Pemodelan asap merupakan salah satu masalah yang menarik dalam bidang grafik komputer, karena asap tidak memiliki sifat geometri yang berbentuk tetap. Salah satu cara untuk membuat simulai asap diperlukan metode sistem partikel(particle system). PartikelSistem adalah cara pemodelan obyekfuzzyuntuk menghasilkan obyek-obyek yang partikelnya bergerak dinamis, seperti api, air, awan,asap.Untuk menghasilkan obyek seperti nyata, maka stereographicmerupakan suatu teknik yang dapat digunakan, yaitu dengan cara menghadirkan dua gambar secara terpisah ke mata kiri dan kanan (stereo).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat editor sistem partikelyang dapat menampilkan simulasi asap secara stereo. Pembuatan aplikasi ini dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman C++. Tahapan yang dilakukan dalam membangun aplikasi ini dimulai dari tahap penentuan kebutuhan aplikasi, dilanjutkan dengan perancangan aplikasi, dan perancangan antarmuka. Kemudian dilanjutkan dengan tahap pengkodean dengan menggunakan bahasa pemrograman yang telah ditentukan sebelumnya. Pada tahap terakhir akan dilakukan implementasi dan uji coba aplikasi.Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba yang telah dilakukan, editor sistem partikel yang telah dikembangkan dapat menampilkan simulasi asap serta dapat menampilkannya secara stereo.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
31-10-2023
How to Cite
[1]
Bheta Agus Wardijono and Mohammad Zulkifli Lubis 2023. PENGEMBANGAN EDITOR SISTEM PARTIKELSTEREOGRAPHICUNTUKSIMULASI ASAP: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 12, 1 (Oct. 2023), 27–35. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.12.1.343.
Issue
Section
Sistem Informasi