Pengembangan Sistem IBOSS pada Pialang Asuransi PT. CID Menggunakan Model BONITA BPM
:
https://doi.org/10.32409/jikstik.22.4.3410Keywords:
Kata kunci: Sistem Informasi, Asuransi, Bisnis Pialang, Bonita BPM, Proses ReengineringAbstract
Sistem informasi sebagai alat utama dalam berjalannya bisnis, bahkan semakin berkembangnya teknologi informasi yang di implementasikan pada suatu bisnis akan sangat memiliki dampak yang baik bagi bisnis baik dari perkembangan profit ataupun nonprofit. Dalam dunia asuransi terdapat banyak data yang harus diproses secara cepat dan akurat informasinya. Data-data penting yang diproses terdiri dari data informasi klien, data informasi benefit, informasi klaim, data transaksi klaim, data informasi polis, data informasi ahli waris dan semua data-data yang dibutuhkan asuransi dalam melakukan pengelolaan resiko dari klien-klien mereka. Proses bisnis yang dijalankan PT CID saat ini, ditemukan banyak proses yang dijalankan secara manual, salah satu yang dapat kita lihat adalah proses pertukaran ataupun lalu lintas data secara berulang melalui email yang biasa digunakan untuk mengirimkan file data ataupun hanya sekedar melakukan pemberitahuan status terkini dari proses bisnis. Dibutuhkan sistem informasi bisnis pialang yang dapat mengakomodir kebutuhan dari aktifitas pengguna yang terlibat dalam proses bisnis pialang asuransi PT CID. Permodelan proses to-be yang bisa menjadi arsitektur alur pembuatan sistem informasi pialang asuransi PT CID, sehingga dapat membuat proses bisnis yang berjalan lebih. Dengan bantuan Bonita BPM, proses to-be yang implementasikan dapat di validasi kebenaran model BPMN, dan dapat langsung melakukan pembuatan form dari setiap aktifitas secara otomatis menggunakan engine pengguna interface pada Bonita BPM. Dengan Bonita BPM, bila ada perubahan bisnis dapat dengan mudah diimplementasikan dan akan otomatis mengubah jalannya sistem informasi yang ada. Proses reengineering bertujuan untuk merancang sistem operasional yang tepat pada proses bisnis pialang asuransi PT CID, dengan melakukan reengineering proses bisnis pialang asuransi dapat menghasilkan dokumentasi yang lengkap dari reengineering proses sistem operasional pialang PT CID. Kata kunci: Sistem Informasi, Asuransi, Bisnis Pialang, Bonita BPM, Proses ReengineringDownloads
References
Aslina Saad Zuraida Zaini, "Business Process Reengineering as the Current Best Methodology for Improving the Business Process," Journal of ICT in Education (JICTIE), vol. 6, pp. 66-85, 2019.
Retno Indah Rokhmawati, Andi Reza Perdanakusuma Dwi Rahmawati, "Analisis dan Pemodelan Proses Bisnis Bidang Pelayanan Perizinan Menggunakan Bussiness Process Model and Notation (BPMN) ," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 1, no. 11, pp. 1337-1347, November 2017.
Delina Rahayu Effendi, "Otomasi Registrasi Peserta Isico Berbasis Proses Dengan Bonita Bpm," in Tugas akhir, Surabaya, 2017, p. 20.
Moshiur Bhuiyan2, P. W. C. Prasad3, & Farzana Haque4, Usman Zafar1, "Integration of Use Case Models and BPMN Using Goal Oriented Requirements Engineering," Journal of Computers, vol. 13, no. 2, 2018.
Abd elgaffar Hamid Ahmed Mohammed Hamouda Karboos Hamid, "Integrating Business Process Concepts into Uml Activity Model," Journal of Engineering and Computer Science (JECS), vol. 19, no. 1, 2018.
Yusi Tyroni Mursityo2, Aryo Pinandito3 Hari Yogi Vernando1, "Pengembangan Business Process Improvement Sistem Pelayanan Kesehatan Lingkungan Dan Klinik Menggunakan Zachman Framework," Jurnal pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komunikasi, vol. 11, no. 9, pp. 2669-2676, 2018.
Nanang Yudi Setiawan2, Aditya Rachmadi3 Satrio Dwiartono1, "Rekomendasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Improvement Pada PT. Trivia Nusantara," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer , no. 2, pp. 1342-1348, 2019.
Helga Duarte & Jaime Chavarriaga Olga Vega, "Software Development Process Supported by Business Process Modeling an Experience Report," in In Proceedings of the Seventh International Symposium on Business Modeling and Software Design (BMSD 2017), 2017.
Robert Waszkowski & Arkadiusz Rafał Kowalski, "Comparative analysis of Business Process Management frameworks," in International Business Information Management Association Conference, Madrid, 2020, pp. 3542-3553.
Robert Waszkowski2, Mariusz Piechowski3 & Ryszard Wyczółkowski4 Małgorzata Jasiulewicz-Kaczmarek1, "Implementing BPMN in Maintenance Process Modeling," Advances in Intelligent Systems and Computing, vol. 656, no. 7, pp. 300-309, 2018.
Irfan AP2, Mohammad Fajar3 Gilbert Krisantoso1, "Penerapan Business Process Modeling Notation (Bpmn) Untuk Memodelkan Kebutuhan Sistem Proses Penyuntingan Tulisan Pada Website Jurnal Jtriste," , 2015, pp. 2460-5270.
Subektiningsih & Yudi Prayudi, "Implementasi Bpmn Untuk Membangun Model Bisnis Forensika Digital," in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2017.
Fajar Pradana3 Afif Nandya Saputra1 & Satrio Agung Wicaksono2, "Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Tesis (Studi Kasus: Program Studi Magister Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi UB," Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 9, 2018.
CHANDRA SURYA WICAKSONO, "Implementasi Sistem Pengkajian Makalah Menggunakan Pendekatan Berbasis Proses dengan Bonita BPM," Jurnal Sisfo, p. 20, 2016.
Nurul Putri Shafira, Desain Model Rekayasa Prosess Bisnis Pada Industri. Yogyakarta: Tugas akhir, 2019.
Angguningtyas, Reza Giga Isnanda Apriliya Kurnianti, "Perancangan Database Pada Sistem Asessmen Dan Pemetaan Hasil Asessmen Berbasis Tag Sebagai Pembantu Penyusunan Strategi Pembelajaran," JURNAL ILMIAH SEMESTA TEKNIKA, vol. 20, no. 2, pp. 106-115, 2017.
Sutanta, "Dalam Basis Data Dalam Tinjauan Konseptual (hal. 91). ," 91 2011.
Alhu Waladan Naufal Sholihan, Rancang Bangun Basis Data Sistem Absensi Rapat Dosen Dan Absensi Mahasiswa Pada Jurusan Teknik Komputer Polsri.: Politeknik Negeri Sriwijaya, 2019.