Penerapan Teknologi Augmented Reality Bidang Pendidikan Untuk Menjelaskan Materi Proses Pembuatan Chip

Authors

  • Mohamad Saefudin STMIK Jakarta STI&K
  • Ire Puspa Wardhani STMIK Jakarta STI&K

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.12.1.340

Abstract

Teknologi komputer yang berkaitan dengan perangkat antar muka komputer (Human Computer Interface) saat ini mengalami kemajuan yang sangat cepat. Perkembangan teknologi perangkat keras pengendali tampilan (Display Controller), yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan suatu informasi dalam bentuk visual. Augmented Reality atau dapat disebut juga sebagai Kenyataan Tertambah merupakan hal baru dalam bidang teknologi. Augmented Reality adalah teknologi yang digunakan untuk menggabungkan objek pada dunia maya ke dunia nyata secara real time. Penelitian ini bertujuan memasukkan teknologi Augmented Reality kedalam proses pengajaran dengan menerapkan pada materi ajar proses pembuatan chip. diharapkan para peserta pembelajaran mendapatkan informasi dan pengetahuan yang optimal tentang proses pembuatan chip. Penerapan teknologi Augmented Reality dalam metode pembelajaran membantu proses belajar lebih inovatif. Pembuatan Magic Book materi pembelajaran ini memerlukan video streaming yang diambil dari kamera sebagai sumber masukan, kemudian aplikasi ini akan mendeteksi marker (penanda khusus) dengan menggunakan sistem tracking, setelah marker dideteksi, objek tiga dimensi akan muncul di atas marker. Objek tiga dimensi yang ada pada aplikasi ini dibuat dengan perangkat lunak desain yaitu Blender, kemudian untuk Editor AR yang digunakan adalah OpenSpace3D.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

31-10-2023

How to Cite

[1]
Mohamad Saefudin and Ire Puspa Wardhani 2023. Penerapan Teknologi Augmented Reality Bidang Pendidikan Untuk Menjelaskan Materi Proses Pembuatan Chip: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 12, 1 (Oct. 2023), 16–26. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.12.1.340.
Abstract View: 6 times

Most read articles by the same author(s)