Pemanfaatan Media Sosial dalam Meningkatkan Keuntungan UMKM di Indonesia : Tinjauan Pustaka Sistematis

Authors

  • Fadilla Yessa Universitas Negeri Padang
  • Yunia Wardi Universitas Negeri Padang

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.22.3.3397

Keywords:

Tinjauan Pustaka Sistematis, Media Sosial, Keuntungan, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran jurnal yang membahas pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan keuntungan UMKM di Indonesia, untuk mengetahui teknik pengumpulan data, metode yang digunakan pada pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan keuntungan UMKM, dan untuk mengetahui permasalahan/isu yang ditemukan, media sosial yang dominan, serta hasil penelitian yang diperoleh. Metode analisis yang digunakan adalah Sistematic Literature Review. Unit analis pada penelitian ini adalah 20 artikel jurnal yang membahas tentang pemanfaatan media sosial dalam meningkatkan keuntungan UMKM. Artikel yang dipilih melalui serangkaian kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Pada permasalahan/isu yang terjadi adalah mengalami penurunan dalam penjualan maupun permintaan produk barang atau jasa dari konsumen, adanya hambatan dalam pengetahuan mengelola media sosial yang kurang dan tidak adanya fasilitas mengakses media sosial, untuk media sosial yang dominan digunakan adalah facebook sebagai media sosialnya sehingga kebanyakan hasil penelitian adalah mengenai pemanfaatan media sosial memberikan prospek yang baik untuk menaikkan angka penjualan produk UMKM namun penggunaannya masih sebatas hanya sebagai media sosial semata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Liliweri, Komunikasi Serba Ada Serba Makna, 1st ed. Jakarta: Prenada Media Group: Jakarta: Prenada Media Group, 2010.

F. Y. Pamuji, “Pengembangan Aplikasi Pemilihan Media Promosi UMKM Berbasis Desktop,” 2021.

F. A. Anand, “Media Sosial Sebagai Sarana Peningkatan Profit Bisnis di Era Pandemi,” 2021.

N. K. Wardati and M. Er, “The impact of social media usage on the sales process in small and medium enterprises (SMEs): A systematic literature review,” Procedia Comput. Sci., vol. 161, pp. 976–983, 2019, doi: 10.1016/j.procs.2019.11.207.

Mukhsin, “Manfaat Penerapan Marketing Online (Menggunakan E-Commerce Dan Media Sosial) Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm),” Teknokom, vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2019, doi: 10.31943/teknokom.v2i1.25.

S. F. Arief and Y. Sugiarti, Literature Review: Analisis Metode Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web, vol. 8, no. 2. 2022.

Zarrella, The Social Media Marketing Book. PT. Serambi Ilmu Semesta, Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta, Jakarta, 2010.

A. Aziz, A., Mursityo, Y. T., & Rachmadi, “Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram dan Pengaruhnya Terhadap Business Performance Satisfaction (Studi Pada Pengusaha Kuliner Di Kota Malang),” J. Pengemb. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 11, pp. 5708–5717, 2018.

Z. Ahmed, M. A., & Zahid, “Role of Social Media Marketing to Enhance CRM and Brand Equity in Terms of Purchase Intention,” Asian J. Manag. Res., vol. 4, no. 3, pp. 533–549, 2014.

A. Firdawati, D. Cahyono, and G. A. Nuha, “Systematic Literature Review : Faktor Keunggulan Kompetitif Hotel di Indonesia,” Asersi J. Akunt. Terap. dan Bisnis, vol. 1, no. 1, pp. 54–63, 2021.

Z. A. Achmad, “Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik,” J. Ilmu Komun., vol. 10, no. 1, pp. 18–31, 2020.

Nurjannah, “Pemanfaatan Media Sosial Dan Pembiayaan Bank Umum Syariah Dalam Pengembangan Usaha Mikro Dan Kecil Di Kecamatan Puuwatu Kota Kendari,” Robust-Research Bus. Econ. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 105–122, 2021.

D. Rahman, “Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kabupaten Sumenep),” Wacana Equiliberium J. Pemikir. Penelit. Ekon. Vol., vol. 09, no. 02, pp. 112–122, 2022.

F. F. Agustin, M. Amin, M. Irwansyah, and H. Junaidi, “Pemanfaatan Media Social Dalam Pemasaran Produk UMKM : Studi kasus Pelaku UMKM Di Desa Sidodadi,” Kap. J. Ilmu Manaj., vol. 03, no. 2, pp. 49–54, 2021.

F. Pramesti, B. M. Wibawa, and P. Sinansari, “Analisis Penentuan Prioritas Platform Media Sosial pada Performa Pemasaran UKM : Kasus di Kota Surabaya,” J. Sains dan Seni ITS, vol. 9, no. 1, pp. 2337–3520, 2020.

A. Dwijayanti, R. Komalasari, B. Harto, P. Pramesti, and M. Wildan, “Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital,” J. IKRATH-ABDIMAS, vol. 6, no. 2, pp. 68–75, 2023.

Firdaus, “Penerapan Media Sosial bagi Peningkatan Kinerja UMKM di Kota Jambi,” Ekon. J. Econ. Bus., vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2021, doi: 10.33087/ekonomis.v5i1.198.

A. A. Adam, “Digital Marketing melalui Sosial Media sebagai Strategy Pemasaran UMKM di Kota Tomohon,” J. EMBA, vol. 10, no. 2, pp. 1187–1194, 2022.

M. Dermawansyah and R. M. Rizqi, “Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran melalui Digital Marketing pada Home Industri Kopi Cahaya Robusta Sumbawa,” J. Manaj. Ekon. dan Bisnis, vol. 4, no. 1, pp. 46–51, 2019.

A. Ferdiansyah and E. Bukhari, “Pengaruh Modal, Financial Knowledge, Teknologi dan Media Sosial terhadap Kinerja UMKM Fashion di Bekasi Utara,” J. Ilm. Akunt. dan Manaj., vol. 17, no. 2, pp. 103–114, 2021.

H. Rengganawati and Y. Taufik, “Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan,” Komversal J. Komun. Univers., vol. 6, no. 1, pp. 28–50, 2020, doi: 10.38204/komversal.v6i1.496.

I. D. Ayu, A. Tantri, K. Martina, D. Putri, and I. P. Arya, “Implementasi Digital Marketing Pada UMKM di Kabupaten Klungkung Dalam Meningkatkan Komoditas Profit,” JJurnal Pendidik. Ekon. Undiksha, vol. 12, no. 2, pp. 263–275, 2020.

P. Trulline, “Pemasaran Produk UMKM melalui Media Sosial dan E-Commerce,” J. Manaj. Komun., vol. 5, no. 2, pp. 259–279, 2021.

A. Julianti, “Analisis Penggunaan Media Sosial Facebook dalam Perkembangan UMKM Gulo Puan di Desa Bangsal Kecamatan Pampangan,” J. Ilm. Mhs. Perbank. Syariah, vol. 1, no. 2, pp. 125–134, 2021.

V. Agnesia and A. J. Saputra, “Pengaruh Penggunaan E-Commerce, Financial Technology dan Media Sosial Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Kota Dumai,” E-Jurnal Akunt., vol. 32, no. 3, pp. 750–761, 2022.

M. Veranita, L. Almamalik, and S. Ikhsan, “Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UMKM Di Era Pandemi,” Coopetition J. Ilm. Manaj., vol. XIII, no. 1, pp. 89–96, 2022.

D. F. Hadi and K. Zakiah, “Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah untuk Bersaing di Era Pandemi),” J. Compet., vol. 16, no. 1, pp. 32–41, 2021.

Z. Harun and F. P. Tajudeen, “Instagram as a Marketing Tool for Small and Medium Enterprises,” Int. J. Technol. Diffus., vol. 11, no. 3, pp. 48–59, 2020, doi: 10.4018/IJTD.2020070103.

M. N. Alraja, S. F. Khan, and B. Khashab, “Does Facebook Commerce Enhance SMEs Performance ? A Structural Equation Analysis of Omani SMEs,” J. SAGE Open, pp. 1–14, 2020, doi: 10.1177/2158244019900186.

Downloads

Published

25-10-2023

How to Cite

[1]
Yessa, F. and Wardi , Y. 2023. Pemanfaatan Media Sosial dalam Meningkatkan Keuntungan UMKM di Indonesia : Tinjauan Pustaka Sistematis . Jurnal Ilmiah Komputasi. 22, 3 (Oct. 2023), 341–350. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.22.3.3397.
Abstract View: 0 times