Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode PIECES Terhadap Layanan BI-FAST

Authors

  • Ayudha
  • Bambang Universitas Gunadarma
  • Dina Anggraini Universitas Gunadarma

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.22.3.3395

Keywords:

Sistem pembayaran, BI-FAST, Real Time Payment, PIECES, Metode hair

Abstract

Kebutuhan masyarakat atas sistem pembayaran yang tersedia 24 jam dan non-stop 7 hari seminggu serta berlangsung secara instan ( real-time ), membuat Bank Indonesia mengembangkan BI-FAST sebagai moderenisasi sistem pembayaraan yang ada. Sebagai sistem baru yang diimplementasikan akhir tahun 2021, BI-FAST semakin diminati oleh masyarakat yang ingin melakukan transfer dana maksimal Rp250.000.000,- (dua ratus lima puluh juta Rupiah) per transfer. Oleh sebab itu, analisis kepuasan pengguna BI-FAST diperlukan untuk memberikan masukan terhadap pengembangan dan penyempurnaan BI-FAST. Metode analisis dilakukan menggunakan PIECES Framework yang terdiri dari variabel Performance , Information/Data , Economy , Control/Security , Efficiency , dan Service . Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner via Google Form terhadap 125 responden yang diperoleh berdasarkan metode Hair . Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pengguna terlihat dari nilai di tiap variabel PIECES dengan Performance sebesar 4,496, Information sebesar 4,480, Economy sebesar 4,620, Control sebesar 4,416, dan Efficiency sebesar 4,460 serta Services sebesar 4,506. Terhadap nilai PIECES yang berada di atas 4,4 diartikan bahwa BI-FAST memenuhi tingkat kepuasan pengguna dan sangat layak untuk digunakan untuk memenuhi kebutuhan transfer dana penggunanya. Nilai tertinggi diperoleh pada variabel Economy dengan 4,620 menunjukkan nilai ekonomis dari sisi biaya yang dikenakan kepada pengguna, merupakan faktor yang sangat diminati oleh pengguna BI-FAST.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bosko Mekinjic, “The Impact of Industry 4.0 on the Transformation of the Banking Sector”, Journal of Contemporary Economics, UDK: 336.71:|621.395.721.5:004.77, DOI: 10.7251/JOCE1901006M, 2019.

Bank Indonesia, “Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025”, diakses daring pada https://www.bi.go.id/id/publikasi/kajian/Documents/Blueprint-Sistem-Pembayaran-Indonesia-2025.pdf, 2019.

Bank Indonesia, “Buku Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022”, diakses daring pada https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/pidato-dewan-gubernur/Documents/BUKU_PTBI-2022.pdf, 2022.

Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, “Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2”, PT. Indeks, Jakarta, 2016.

Fandy Tjiptono, “Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian”, Andi Offset, Yogyakarta, 2014.

Gracecilla Aprillia Immanuel dan Rudy Setiawan, “Implementasi Metode Importance Performance Analysis Untuk Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Akademik”, KURAWAL Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri, Volume 3 Nomor 2 – Oktober 2020.

Hendrik Setiawan dan Dien Novita, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS”, JTSI Vol.2 No.2 September 2021.

Nanda Kinanti Amelia Putri dan Aries Dwi Indriyanti, “Penerapan PIECES Framwork sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAKADU) pada Universitas Negeri Surabaya,” Journal of Engineering Information System and Business Intelligence: Volume 02 Number 02, 2021.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”, Alfabeta, Bandung, 2019.

Junaidi Chaniago, “Tabel r (Koefisien Korelasi Sederhana) df = 1 - 200”, diakses daring pada https://junaidichaniago.wordpress.com/2010/05/24/download-tabel-r-lengkap/, 2010.

Bank Indonesia, “Daftar Peserta BI-FAST Batch 6”, diakses daring pada https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Documents/sp_256923.pdf, 2023.

Bank Indonesia, “Frequently Asked Question (FAQ) BI-FAST”, diakses daring pada https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/ritel/infrastruktur/Documents/FAQ_BI-FAST.pdf, 2021.

Downloads

Published

11-11-2023

How to Cite

[1]
Prihasto, A.D., Hardianto, B.G. and Anggraini, D. 2023. Analisis Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode PIECES Terhadap Layanan BI-FAST. Jurnal Ilmiah Komputasi. 22, 3 (Nov. 2023), 429–440. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.22.3.3395.
Abstract View: 0 times