Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemilihan Senjata Paling Efektif pada Game Valorant

Authors

  • Immanuel Tarigan Universitas Negeri Medan
  • Haikal Farhan Universitas Negeri Medan
  • Ridho Ardhana Universitas Negeri Medan
  • Sadion Damanik Universitas Negeri Medan
  • Yandra Niska Universitas Negeri Medan

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.22.2.3371

Keywords:

Pendukung keputusan, Decission Support System, Sistem Pendukung Keputusan

Abstract

Sistem pendukung keputusan (SPK) adalah alat yang digunakan untuk membantu dalam pengambilan keputusan dengan mengumpulkan data, menganalisis informasi, dan memberikan rekomendasi. Dalam konteks game Valorant, SPK dapat digunakan untuk membantu pemain dalam memilih senjata yang paling efektif untuk digunakan dalam permainan. Beberapa permasalahan yang sering muncul dalam pemilihan senjata pada game adalah kurangnya pemahaman tentang senjata yang tersedia, kebiasaan menggunakan senjata tertentu tanpa mempertimbangkan situasi permainan, dan faktor psikologis seperti rasa percaya diri dan kecenderungan untuk mengikuti tren. Dengan adanya SPK untuk pemilihan senjata paling efektif pada game Valorant, diharapkan pemain dapat memperbaiki performa permainan mereka dan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam tim.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Ahmad, “77415-ID-perkembangan-teknologi-komunikasi-dan-in,” Dakwah Tabligh, vol. 13, pp. 137–149, 2012.

P. Irwandi, A. Erlansari, and R. Effendi, “Perancangan Game First Person Shooter (Fps) ‘Boar Hunter’ Berbasis Virtual Reality,” J. Rekursif, vol. 4, no. 1, pp. 68–79, 2016.

F. G. Glavin, “Towards inherently adaptive first person shooter agents using reinforcement learning,” 2015.

V. L. Sauter, Decision Support Systems for Business Intelligence: Second Edition. 2011. doi: 10.1002/9780470634431.

N. A. Hidayah and E. Fetrina, “KENAIKAN JABATAN PEGAWAI DENGAN METODE PROFILE ( Studi Kasus : Kementerian Agama Kantor Wilayah DKI Jakarta ),” Stud. Inform. J. Sist. Informasi, 10(2), 2017, 127-134 Ranc., vol. 10, no. 2, pp. 127–134, 2017.

A. Whetyningtyas, “Peranan Decision Support System (DSS) Bagi Manajemen Selaku Decision Maker,” J. Anal. Manaj., vol. 5, no. 1, pp. 102–108, 2011.

F. D. Sutrisno, “Rancang Bangun Aplikasi Rekomendasi Video Game Pc Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process Dan Topsis Berbasis Web,” Fak. Teknol. Inf. Dan Komun. Univ. Multimed. Nusant. Tangerang, pp. 1–24, 2016.

Z. M. Noer and Kusrini, “Aplikasi Decision Support System Komposisi Pakan Untuk Penggemukan Sapi Potong,” J. Tek. Inform. Atmaluhur, vol. 6, no. 1, pp. 31–40, 2018.

S. Wahyuni and D. Y. Niska, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pegawai Berprestasi Menggunakan Metode Multifactor Evolution Process ( Mfep ) ( Studi Kasus : Rsup H . Adam Malik Medan ),” J. Mantik Penusa, vol. 3, no. 2, pp. 124–129, 2019.

D. Y. Niska, M. Iqbal, and S. Siburian, “Implementasi Metode Analytical Hierarchy Process ( Ahp ) Dalam Pemilihan Karyawan Berprestasi Berdasarkan Kinerja,” J. Mantik Penusa, vol. 4, no. 1, pp. 27–35, 2020.

D. A. Wulandari et al., “Penerapan Metode Simple Additive Weighting Dalam Menentukan Guru Terbaik Pada Sma Gita Kirtti 3 Jakarta,” no. X, pp. 99–103, 2013.

I. Pratama, R. P., Werdiningsih, I., & Puspitasari, “Sistem pendukung keputusan pemilihan siswa berprestasi di sekolah menengah pertama dengan metode VIKOR dan TOPSIS,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell.

T. Arh and B. J. Blažič, “Application of multi-attribute decision making approach to learning management systems evaluation,” J. Comput., vol. 2, no. 10, pp. 28–37, 2007, doi: 10.4304/jcp.2.10.28-37.

T. R. Adianto, A. Zainal., D. M. Khairina., M. Grand, and P. Green, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Rumah Tinggal Di Perumahan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) (Studi Kasus : Kota Samarinda),” Pros. Semin. Ilmu Komput. Dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 197–201, 2017.

W. Verina, Y. Andrian, and I. F. Rahmad, “Penerapan Metode Fuzzy Saw Untuk Penerimaan Pegawai Baru (Studi Kasus : Stmik Potensi Utama),” Sisfotenika, vol. 5, no. 1, pp. 60–70, 2015.

Downloads

Published

25-06-2023

How to Cite

[1]
Immanuel Tarigan, Ramadhan, H.F., Ardhana, R., Damanik, S.T. and Yandra Niska, D. 2023. Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemilihan Senjata Paling Efektif pada Game Valorant. Jurnal Ilmiah Komputasi. 22, 2 (Jun. 2023), 257–262. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.22.2.3371.
Abstract View: 0 times