Analisis User Experience Pada Aplikasi PeduliLindungi Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation

Authors

  • Rafi Dito Syahputra Universitas Gunadarma
  • Metty Mustikasari Universitas Gunadarma

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.22.3.3365

Keywords:

User Experience, Usability

Abstract

Wabah Covid-19 awal mula ditemukan penyebarannya dari kota Wuhan di Provinsi Hubei Tiongkok. Pada tanggal 11 Maret 2020. Di Indonesia pemerintah menghimbau masyarakat untuk melakukan protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi. Setiap orang yang sudah melakukan vaksinasi akan mendapatkan sertifikat vaksin yang akan dikirim menggunakan pesan singkat melalui telepon seluler sesuai dengan nomor telepon penerima vaksin. Perkembangan inovasi dan layanan yang hadir dalam bidang teknologi informasi pada saat ini sangat berdampak pada kehidupan manusia modern. Maka dari itu pemerintah Republik Indonesia yang bekerja sama dengan kementerian kesehatan membuat aplikasi bernama PeduliLindungi yang berguna untuk membantu pemerintah dalam melakukan pelacakan digital guna menghentikan penyebaran virus Covid-19 dan berfungsi untuk memberi peringatan kepada pengguna jika berada di keramaian atau di Kawasan zona merah. Dalam penelitian ini penulis menganalisis User Experience pada aplikasi PeduliLindungi dengan menggunakan metode Heuristic Evaluation untuk menemukan dan menentukan masalah dari aspek usability . Hasil perhitungan analisis pada aplikasi PeduliLindungi mendapatkan skor akhir 84.73% yang berarti bahwa aplikasi PeduliLindungi termasuk ke dalam kategori usability (ketergunaan) “Sangat Tinggi” karena berada dalam rentang persentase 84%-100%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Setiasih, H. (2016). Analisis Usability Situs Web Suatu Bank Swasta Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. Jakarta: Universitas Gunadarma. Diakses pada 18-04-2022.

PeduliLindungi. (2022). Retrieved 19 April 2022, from https://www.pedulilindungi.id/#tentang

Wiryawan, M. (2011). User Experience (UX) sebagai Bagian dari Pemikiran Desain dalam Pendidikan Tinggi Desain Komunikasi Visual. Humaniora, Vol. 2(No. 2), 1159. doi: 10.21512/humaniora.v2i2.3166. Diakses pada 19-04-2022.

Handiwidjojo, W., & Ernawati, L. (2016). Pengukuran Tingkat Ketergunaan (Usability) Sistem Informasi Keuangan Studi Kasus: Duta Wacana Internal Transaction (Duwit). JUISI, Vol. 02(No. 01), 50-51. Diakses pada 21-04-2022.

Krisnayani, P., Arthana, I., & Darmawiguna, I. (2016). Analisa Usability Pada Website UNDIKSHA Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), Vol. 5(No. 2), 4. Diakses pada 21-04-2022.

Savitri, P., & Ispani, M. (2015). Review Desain Interface Aplikasi Sopppos Menggunakan Evaluasi Heuristik. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, Vol. 6(No. 1), 95–100. Diakses pada 27-03-2022.

Manik, R. D. (2020). Analisis Tingkat Usability User Interface Aplikasi E-Wallet OVO Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. Jakarta: Universitas Gunadarma. Diakses pada 22-04-2022.

A perpustakaan, Heuristic Evaluation (J1 Komputasi) Besty Ghina, H M, J WM, Dewi, Metty. Vol 18 No 3, 2019.

Downloads

Published

27-10-2023

How to Cite

[1]
Rafi Dito Syahputra and Metty Mustikasari 2023. Analisis User Experience Pada Aplikasi PeduliLindungi Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. Jurnal Ilmiah Komputasi. 22, 3 (Oct. 2023), 351–359. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.22.3.3365.
Abstract View: 0 times