Penerapan Metode WaterFall dalam Digitalisasi Sistem Pelayanan Publik Pemerintah Kantor Kecamatan Pamulang

Authors

  • Linda Wahyu Widianti
  • Muhamad Iqbal Darussalam STMIK Jakarta STI&K

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.22.1.3329

Keywords:

Sistem, Digital, Pelayanan, Publik, Kecamatan, pamulang, model, waterfall

Abstract

Kantor kecamatan merupakan salah satu bentuk fasilitas pelayanan kepada masyarakat yang terdapat di bidang pemerintahan. Kegiatan kantor kecamatan melayani proses administratif kepada setiap Kelurahan yang berada di bawah binaan kecamatan dan masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan tersebut. Sistem digital berbasis web yang dipublikasi melalui internet menjadi media komunikasi kantor kecamatan dengan masyarakat luas. Penelitian yang dilakukan ini mencoba menterjemahkan Analisa yang sudah dikerjakan yaitu memgembangkan suatu system digital secara daring pada bisnis proses kegiatan palayanan kantor kecamatan untuk masyarakat di daerah Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan Banten. Proses pengembangan system ini dilakukan dengan model pengembangan Waterfall dimana tahapan pengembangan dilakukan secara berurut dan berkesinambungan. Pengembangan ini akan terus dilakukan karena kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan public kantor kecamatan terus berubah. Berdasarkan pada pandangan tersebut, maka dapat diberikan kemudahan informasi mengenai Kecamatan Pamulang kepada masyarakat terutama yang berada di wilayah Pamulang, serta untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi yang lebih akurat yaitu dengan melalui system digital secara daring

Downloads

Download data is not yet available.

References

M.V.T. Hasbandi, E. Susanto, Y. fitria, "Pe- manfaatan Fasilitas Media Internet", Jurnal Pendidikan Tematik, vol. 3, no. 3, pp. 106-118, 2022.

Dewi Maharani, Fauriatun Helmiah, Nu- rul Rahmadani , "Penyuluhan Manfaat Menggunakan Internet dan Website Pada Masa Pandemi Covid-19", Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, vol. 1, no. 1, pp. 1-7, 2021.

Reseal Akay, Johannis E Kaawoan & Fan- ley N Pangemanan, "Disiplin Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Tikala", Jurnal Geover- nance, vol. 1, no. 1, pp. 11-19, 2021.

Endang & Monica Velia Susanti, "Penerapan Metode Waterfall Pada Rancang Bangun Ap- likasi P2db Di Smk Dewantara Cikarang Meng- gunakan Php Dan Mysql", Jurnal Informatika SIMANTIK, vol. 6, no. 2, pp. 9-17, 2021.

Ridwan Saidi, Sejarah Tangerang Selatan, Jakarta: Yayasan Renaissance, 2016.

Pemerintah Kota Tangerang Selatan, "Pe- merintah Kota Tangerang Selatan Oficial Website", Kantor Walikota Tangerang Sela- tan, 13 November 2022 diakses daring pada http://tangerangselatankota.go.id, 13 Novem- ber 2022.

Aceng Abdul Wahid, "Analisis Metode Wa- terfall Untuk Pengembangan Sistem", Jur- nal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, vol. 1, no. 2, pp. 1-5, 2020.

D. S. Purnia, A. Rifai & S. Rahmatullah, "Pen- erapan Metode Waterfall dalam Perancangan Sistem Informasi Aplikasi", Prosiding SEM- NASTEK, vol. 4, no. 1, pp. 1-7, 2019.

A. Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Meng- gunakan UML dan Java", Yogyakarta: Andi Offset, 2010.

Alan Dennis, Barbara Haley Wixom, David Tegarden, Systems Analysis & Design An Object-Oriented Approach with UML", Dan- vers: John Wiley & Sons, Inc., 2015

Downloads

Published

25-03-2023

How to Cite

[1]
Widianti, L.W. and Muhamad Iqbal Darussalam 2023. Penerapan Metode WaterFall dalam Digitalisasi Sistem Pelayanan Publik Pemerintah Kantor Kecamatan Pamulang. Jurnal Ilmiah Komputasi. 22, 1 (Mar. 2023), 57–70. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.22.1.3329.
Abstract View: 21 times