Rancang Bangun Business Intelligence Untuk Memantau Purna TKI pada BNP2TKI

Authors

  • Arie Gunawan Universitas Nasional Jakarta
  • Agus Iskandar Universitas Nasional Jakarta
  • Olipa Sarta Matilda Purba Universitas Nasional Jakarta

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.22.1.3325

Keywords:

datawarehouse, business intelligence, etl, tki, tableau

Abstract

BNP2TKI harus mampu beradaptasi dengan cepat terhadap perkembangan teknologi saat ini yang sangat pesat karena kebutuhan akan informasi dan koneksi data untuk memperbarui informasi selalu ada. Informasi digunakan sebagai salah satu acuan dalam pengambilan keputusan pada tingkat manajemen. Ada kebutuhan akan alternatif pemrosesan data transaksional yang mendukung pemrosesan data dan memberi manajer akses cepat ke informasi yang akurat sambil mendorong kemandirian dalam pengumpulan informasi. Selain merawat para pekerja migran Indonesia (TKI) yang sukses, PT. BNP2TKI juga membantu mereka yang tidak berhasil dan memberikan bantuan kepada keluarganya agar bisa sejahtera agar para pensiunan buruh migran dapat membuka usaha sendiri. Penulis tertarik untuk meneliti topik terkait business intelligence untuk mendukung kegiatan bisnis PT. BNP2TKI. Dengan menawarkan pola pengumpulan data yang lebih detail yang diperiksa dari gudang data perusahaan dan ditampilkan dalam tampilan grafis yang mudah dipahami, dapat membuat aktivitas pengambilan keputusan berdasarkan laporan tahunan menjadi lebih tepat. Diharapkan dengan menggunakan aplikasi business intelligence ini, kinerja bisnis akan terdorong dan optimal, serta laporan kinerja tahunan perusahaan dapat ditingkatkan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah sembilan langkah Kimball yang di dalamnya termasuk ETL (Extract Transform Load) dan menggunakan metode blackbox untuk pengujiannya. Penelitian ini menghasilkan visualisasi grafik dan tabel menggunakan TABLEAU.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Triandini, S. Rija dan M. P. Ambara, Implementasi Star Schema Dalam Pemban- gunanan Data Warehouse Penjualan Produk Tour , Computer Science Research and Its De- velopment Journal,vol. 12, no. 1, pp. 23-33, 2020.

A. Dwiputra Wijaya dan T. Gantini, Analisis Forecasting dengan Implementasi Dashboard Business Intelligence Untuk Data Penjualan Pada PT. X , Skripsi, Fakultas Teknologi In- formasi, Universitas Maranatha, 2019.

I. P. S. Handika dan P. P. Santika, Implemen- tasi Datawarehouse Dan Business Intelligence Untuk Data Penjualan Pada PT. ABC , Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 5, no. 2, pp. 76-85, 2020.

I. Junaedi, D. Abdillah dan V. Yasin, Anal- isis Perancangan Dan Pembangunan Ap- likasi Business Intelligence Penerimaan Ne- gara Bukan Pajak Kementerian Keuangan Ri , JISAMAR (Journal Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Researh), vol. 4, no. 3, pp. 88-101, 2020.

I. P. A. E. Pratama dan I. G. A. Pradipta, Desain Dan Implementasi Data Warehouse Untuk Prediksi Penjualan Produk Pada Toko Mekarsari , J. Teknol. Inform. dan Terap., vol. 5, no. 1, pp. 65-71, 2018.

L. Setiyani danA. Ginting, Analisis Kebu- tuhan Fungsional Sistem Informasi Pengelo- laan Skripsi , Simp. Nas. Ilm. Call Pap. Unin- dra, vol. 0, no. 0, 2019.

I. G. W. Darma, K. S. Utami and N. W. S. Aryani, Data Warehouse Analysis to Support UMKM Decisions using the Nine-step Kimball Method , Int. J. Eng. Emerg. Technol, vol. 4, no. 1, pp. 65-68, 2019.

E. K. Suni, Analisis Dan Perancangan Data Warehouse Untuk Mendukung Keputu- san Redaksi Televisi Menggunakan Metode Nine-Step Kimball , J. Tek. Inf., vol. 11, no. 2, pp. 197-206, 2018.

D. Sugiarto, H. L. H. S. Warnars dan W. Winarno, Perancangan Data Warehouse Pen- jualan (Studi Kasus Pt. Subafood Pangan Jaya), Semnas Ristek (Seminar Nas. Ris. dan Inov. Teknol. 2020), vol. 4, no. 1, 2020.

Y. Oslan dan D. H. Kristanto, Proses ETL (Extract Transformation Loading) Data Ware- house Untuk Peningkatan Kinerja Biodata Dalam Menyajikan Profil Mahasiwa Dari Di- mensi Asal Sekolah Studi Kasus: Biodata Ma- hasiswa UKDW , Res. FAIR UNISRI, vol. 3, no. 1, 2019.

T. S. Jaya, Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung) , J. Inform. Pengemb. IT, vol. 3, no. 2, pp. 45-46, 2018.

R. T. Yunandar, A. Amir dan K. Rizal, Per- ancangan Data Warehouse Untuk Informasi Strategi Studi Kasus Penerimaan Siswa Baru STIE Binaniaga Bogor , J. Tek. Komput., vol. 6, no. 1, pp. 111-120, 2020.

V. Novreza, Y. Munarko dan L. Husniah, Data Warehouse Menggunakan Snowflake Schema Pada Virtual Shop , J. Repos., vol. 2, no. 1, pp. 67-78, 2020.

G. Wijaya, Perancangan Data Warehouse Nilai Mahasiswa Dengan Kimball Nine-Step Methodology , J. Inf., vol. 4, pp. 1-11, 2017.

R. Akbar, D. Rasyiddah, M. Anrisya, N. F. Julyazti dan S. Syaputri, Penerapan Ap- likasi Power Business Intelligence Dalam Men- ganalisis Prioritas Pekerjaan di Indonesia , J. Edukasi dan Penelit. Inf., vol. 4, no. 1, p. 54, 2018

Downloads

Published

25-03-2023

How to Cite

[1]
Arie Gunawan, Agus Iskandar and Olipa Sarta Matilda Purba 2023. Rancang Bangun Business Intelligence Untuk Memantau Purna TKI pada BNP2TKI. Jurnal Ilmiah Komputasi. 22, 1 (Mar. 2023), 41–48. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.22.1.3325.
Abstract View: 39 times