Pencarian Rute Terpendek Perjalanan Wisata di Kota Kediri dengan Algoritma Nearest Neighbor Berbasis Greedy

Authors

  • Septian Dwi Pratama Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Kampus 2
  • Yulian Findawati Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Kampus 2

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.21.2.3047

Keywords:

rute terpendek, algoritma nearest neighbor, greedy, matlab versi R2019b

Abstract

Kota Kediri memiliki tempat wisata yang mengagumkan. Banyak wisatawan lokal dan wisatawan luar daerah yang menikmati perjalanan wisata di kota ini. Agar waktu tempuh per- jalanan wisatawan mengunjungi tempat-tempat wisata di Kota Kediri menjadi efisien, perlu dicari rute terpendeknya. Rute terpendek adalah pencarian rute terdekat antara titik-titik pada graf. Algoritma nearest neighbor berbasis greedy digunakan untuk mencari rute terpen- dek. Algoritma nearest neighbor merupakan algoritma yang didasarkan pada jarak minimum. Pada algoritma ini, rute yang dihasilkan membentuk sikel. Greedy merupakan algoritma yang menggunakan pendekatan penyelesaian dengan mencari optimum local sementara pada setiap langkah yang diselesaikan. Pada algoritma ini, rute yang dihasilkan tidak sikel. Dan dengan menggunakan aplikasi ini, wisatawan atau pemimpin rombongan mengetahui lebih cepat dan tepat dalam menentukan rute terbaik. Dan dalam percobaan enam tempat wisata secara acak langsung didapat data bahwa rute paling efektif tersaji dari enam ruter terbaik sejauh 8,62 Km dalam waktu tempuh 19 menit. Matlab versi R2019b digunakan untuk pembuatan an- tarmuka aplikasi pencarian rute terpendek menggunakan algoritma nearest neighbor berbasis greedy. Pencarian rute terpendek secara manual dan melalui aplikasi menghasilkan jarak dan waktu tempuh yang sama

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

25-06-2022

How to Cite

[1]
Septian Dwi Pratama and Yulian Findawati 2022. Pencarian Rute Terpendek Perjalanan Wisata di Kota Kediri dengan Algoritma Nearest Neighbor Berbasis Greedy. Jurnal Ilmiah Komputasi. 21, 2 (Jun. 2022), 153–160. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.21.2.3047.
Abstract View: 86 times