Analisis Data Report Online Menggunakan Analytical Hierarchy Process dalam Pemilihan Pelanggan Terbaik

Authors

  • Arief Prabowo Universitas Gunadarma
  • Mohammad Iqbal Universitas Gunadarma

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.21.3.3005

Keywords:

SPK, AHP, Kurir, Pelanggan Terbaik

Abstract

Membangun hubungan dengan Pelanggan merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh setiap Perusahaan yang ingin menumbuhkan loyalitas para Pelanggan dalam menggunakan produk dan jasa suatu Perusahaan. Berbagai strategi dilakukan untuk menjalin hubungan baik dengan para Pelanggan, salah satunya dengan memberikan penghargaan kepada Pelanggan terbaik. Demikian pula yang dilakukan oleh salah satu Perusahaan jasa pengiriman barang (Kurir) yaitu PT. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) cabang Jatipadang Jakarta Selatan. Dengan harapan Pelanggan merasa senang dan untuk seterusnya tetap menjadi Pelanggan PT. JNE. Masalah yang dihadapi oleh Manajer adalah harus melakukan analisa tersendiri terhadap data pada Aplikasi Report Online (ARO) karena belum tersedia fitur pilihan Pelanggan terbaik secara otomatis pada Aplikasi tersebut. Penggunaan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam pemilihan Pelanggan terbaik dilakukan sebagai Sistem Penunjang Keputusan (SPK). AHP dapat mengatasi permasalahan yang multi kriteria dan kompleks menjadi hirarki, dengan konsep mengubah nilai kualitatif menjadi nilai kuantitatif melalui proses pembobotan kriteria, sehingga hasilnya bisa lebih obyektif. Metode AHP juga merupakan yang paling optimal digunakan dalam pemilihan obyek dibandingkan metode yang lain berdasarkan analisa perbandingan beberapa metode dengan menggunakan metode Euclidean distance yaitu pengukuran jarak diantara dua obyek atau lebih. Penelitian ini menghasilkan terpilihnya Pelanggan terbaik bernama 4@BLASTER_SHOES dengan nilai 71 frekuensi transaksi terbanyak. Pilihan Pelanggan terbaik telah sesuai dengan prioritas utama dari kriteria perusahaan yang merupakan pelanggan paling banyak bertransaksi dalam sebulan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-09-2022

How to Cite

[1]
Prabowo, A. and Mohammad Iqbal 2022. Analisis Data Report Online Menggunakan Analytical Hierarchy Process dalam Pemilihan Pelanggan Terbaik. Jurnal Ilmiah Komputasi. 21, 3 (Sep. 2022), 355–362. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.21.3.3005.
Abstract View: 84 times