Implementasi Teknologi Two Factor Authentication dengan Menggunakan Metode Time-Based One Time Password (Totp) pada Website Private Cloud Storage untuk Guru Bimbingan Konseling

Authors

  • Jerry Olbinson Universitas Gunadarma
  • Jonifan Universitas Gunadarma

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.21.3.2995

Abstract

Guru bimbingan dan konseling sebagai profesi bantuan memberikan layanan konseling kepada semua murid. Pemberian layanan bimbingan konseling sebagai kegiatan pertama yang akan dilakukan adalah pengumpulan data murid. Data yang dikumpulkan bersifat rahasia. Kemajuan teknologi media penyimpanan private cloud storage dan two factor authentication dapat membantu guru bimbingan dan konseling dalam pemenuhan penyimpanan dan perlindungan data murid. Cloud storage merupakan salah satu solusi untuk mengatasi pengelolaan data agar terpusat dan mempermudah akses pengguna sistem dan diimbangi dengan teknologi keamanan pada sebuah aplikasi agar menjamin keamanan data pada aplikasi. Teknologi keamanan two factor authentication dapat dikombinasikan dengan password dan time-based one time password . Time-based one time password sering digunakan pada aplikasi yang menggunakan two factor authentication dalam kombinasi secret key dengan current timestamp . Penelitian ini bertujuan membuat website private cloud storage untuk guru bimbingan dan konseling dengan two factor authentication menggunakan metode time-based one time password . Website ini telah diuji coba black box dan uji coba pengguna, dari hasil pengujian, website private cloud storage dengan two factor authentication serta menggunakan metode time-based one time password diterima dengan baik oleh pengguna karena membantu guru bimbingan dan konseling dalam berbagi data dengan aman dan hasil persentase rata-rata pada semua pertanyaan yaitu sebesar 85%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-09-2022

How to Cite

[1]
Olbinson, J. and Jonifan 2022. Implementasi Teknologi Two Factor Authentication dengan Menggunakan Metode Time-Based One Time Password (Totp) pada Website Private Cloud Storage untuk Guru Bimbingan Konseling: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 21, 3 (Sep. 2022), 373–380. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.21.3.2995.
Abstract View: 108 times