Aplikasi Android sebagai Media Alternatif Informasi Berkebun

Authors

  • Robby Candra Universitas Gunadarma
  • Sahni Damerianta
  • Rahmadilla Salsabila Mahdison
  • Darmastuti Universitas Gunadarma

Abstract

Pandemi COVID-19 yang terjadi membuat banyak masyarakat mulai merasa jenuh dan bosan karena melakukan aktivitas yang sama setiap harinya. Oleh sebab itu, masyarakat kini mulai mencari aktivitas atau hobi baru guna mengurangi rasa bosan dan menghindari stress seperti berkebun. Namun banyak masyarakat berkebun hanya sekedar mengikuti sebuah tren tanpa mengetahui dan mempelajari bagaimana cara berkebun yang benar. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi berbasis Android yang dapat mengedukasi pengguna dengan memberikan informasi mengenai tanaman hortikultura, serta memudahkan pengguna dalam mengingat dan mencatat jadwal berkebun, agar nantinya kegiatan berkebun ini dapat menjadi rutinitas atau kebiasaan yang positif. Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman Dart, Flutter sebagai framework, Visual Studio Code sebagai text editor dan SQLite sebagai database. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode Black Box Testing, aplikasi ini dapat berjalan dengan baik dengan tampilan yang sesuai. Dengan adanya aplikasi ini dapat digunakan sebagai media alternatif dalam memberikan informasi tentang berkebun.

Kata kunci: Android, Aplikasi, Berkebun, Informasi

Informasi Artikel


Cite This Article:

Robby Candra, Sahni Damerianta, Rahmadilla Salsabila Mahdison, Darmastuti, 2022, Aplikasi Android sebagai Media Alternatif Informasi Berkebun, 21, 2, 03 June 2022, http://dx.doi.org/10.32409/jikstik.21.2.2972

Published

2022-06-03