Peningkatan Teknologi Load Balance Metode PCC Dengan Custom Chain untuk Kestabilan Akses Internet dengan Banyak Pengguna

Authors

  • Joko Purnomo STMIK Widya Utama
  • Sunaryono STMIK Widya Utama
  • Riana Safitri STMIK Widya Utama

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.21.3.2922

Abstract

Layanan internet di lingkungan kampus atau sekolah dengan banyak pengguna tentu membutuhkan bandwidth yang besar, sebagai contoh ada 100 mahasiswa 50 orang melakukan penjelahan ringan dengan kebutuhan bandwidth masing-masing sekitar 2 Mbps, 25 mahasiswa melakukan streaming HD dengan kebutuhan data masing-masing 5 Mbps dan 25 lainnya melakukan download dan upload yang perkiraan masing-masing 3 Mbps, dari 100 orang tersebut jika dilakukan dalam waktu yang bersamaan akan membutuhkan bandwidth sekitar 300 Mbps. Di Indonesia layanan ISP secara umum hanya menyediakan bandwidth 100 Mbps itu pun dengan harga yang sudah cukup mahal. Akibatnya traffic 300 Mbps tersebut jika hanya dilayani oleh 1 ISP akan menyebabkan delay transmisi data. Proses delay transmisi data akan semakin tinggi apabila pengguna bertambah atau paket internet dari ISP lebih rendah. Penelitian ini memaparkan konsep penggunaan akses internet yang murah dengan menggunakan teknologi 2 ISP atau lebih dengan memakai paket internet yang murah namun dapat melayani banyak pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah peningkatan load balancing dengan jenis Per Connection Classifier (PCC) klasik atau umum dengan custom chain sesuai kebutuhan bandwidth dan pemakaian pengguna, semua traffic internet akan ditandai dan diatur sesuai penggunaan dan ketersediaan bandwidth saat itu serta pemilihan jalur ISP yang variatif berdasarkan tingkat kepadatan traffic internet dari ISP tujuan dengan melihat profil dari masing-masing pengguna. Perangkat yang digunakan adalah routerboard dengan sistem operasi mikrotik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

12-09-2022

How to Cite

[1]
Purnomo, J., Sunaryono and Safitri, R. 2022. Peningkatan Teknologi Load Balance Metode PCC Dengan Custom Chain untuk Kestabilan Akses Internet dengan Banyak Pengguna: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 21, 3 (Sep. 2022), 381–386. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.21.3.2922.
Abstract View: 114 times