Pengembangan Aplikasi Virtual Reality Sebagai Media Pemasaran Yang Interaktif Dan Komunikatif

Authors

  • Aprian Karisman Universitas Cendekia Abditama
  • Gina Alfiana Universitas Cendekia Abditama
  • Indra Febria Widy Universitas Cendekia Abditama

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.20.4.2867

Abstract

Pada bidang pemasaran dan periklanan cenderung menampilkan gambar dalam bentuk dua dimensi (2D) dalam penyampaian informasi kepada pelanggan. Sebagai contoh yang diambil sebagai objek pada penilitian ini adalah pemasaran batu alam pada CV Citra Lestari. Gambar 2D yang sering kita tahu berfungsi sebagai media penyampaian informasi, misalnya informasi tentang penggunaan batu alam pada dinding, namun informasi yang dapat disajikan hanya dari sisi-sisi tertentu saja. Biasanya penjual memperlihatkan satu persatu dari semua jenis batu alam sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk membuat pelanggan mengerti dengan desain yang ditawarkan, terkadang pelanggan juga kurang mengerti dengan teknik penjualan yang cenderung monoton sehingga pelanggan kurang merasa tertarik dan membatalkan pembelian. Untuk itu, dibutuhkan media pemasaran yang lebih interaktif dan menarik supaya memberikan nilai tambah dalam strategi pemasaran. Dalam hal ini, peneliti mengusulkan adanya teknologi yang membantu dalam pemasaran agar mempunyai kesan yang berbeda dibanding toko lain. Virtual reality merupakan teknologi terbaru yang dapat menghasilkan suasana realistis tiga dimensi (3D), dan dapat membuat pengguna berinteraksi dengan lingkungan virtual. Virtual reality merupakan sebuah teknologi yang menarik, yang dapat mengubah secara mendasar bagaimana kita berinteraksi dengan informasi dalam bentuk 3D. Dalam penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengembangkan media pemasaran yang interaktif dan menarik dalam pemasaran batu alam pada CV Citra Lestari dengan menerapkan teknologi Virtual reality. Metode penelitian yang digunakan terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: Analisis Kebutuhan, Perancangan, Implementasi, Pengujian, dan Evaluasi. Luaran yang ditargetkan pada penelitian ini yaitu aplikasi media pemasaran batu alam berbasis Virtual reality.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-12-2021

How to Cite

[1]
Karisman, A., Alfiana, G. and Febria Widy, I. 2021. Pengembangan Aplikasi Virtual Reality Sebagai Media Pemasaran Yang Interaktif Dan Komunikatif. Jurnal Ilmiah Komputasi. 20, 4 (Dec. 2021), 567–574. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.20.4.2867.
Abstract View: 91 times