Kolaborasi infrared remote dan Internet of Thing dalam memudahkan aktifitas sebagai bagian perspektif Human Computer Interaction

Authors

  • Berrie Nugraha Adiwinata Pasca Sarjana STI&K Jakarta STI&K
  • Ire Puspa Wardhani STMIK Jakarta STI&K

Abstract

Aktivitas manusia yang tinggi dan kemajuan tekhnologi seharusnya berjalan beriringan, dimana semakin maju suatu teknologi maka kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukanpun makin bermacam-macam. Dari beberapa aktivitas tersebut diantaranya bisa dilakukan bersama dalam satu waktu, sehingga menghemat waktu dan tenaga. Sayangnya pengetahuan untuk itu belum banyak yang mengenal, artikel ini membahas bagaimana mudahnya pengontrolan alat-alat elektronik yang beredar dipasaran dengan melakukan kolaborasi teknologi IR dan IoT, semua bisa dikendalikan dalam satu alat dan dari lokasi manapun dan kapanpun untuk mewujudkan smart home di era modern sebagai bagian dari interaksi manusia dan komputer. Diharapkan artikel ini dapat membantu pembaca untuk dapat memahami cara kerja Smart Universal Remote dimana didalamnya telah disematkan teknologi inframerah yang merupakan bagian dari alat pengontrol alat-alat elektronik umumnya, dengan begitu ketika diterapkan dalam kegiatan sehari-hari, user langsung dapat memahami fungsi dan cara kerjanya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-08-2021

How to Cite

[1]
Adiwinata, B.N. and Wardhani, I.P. 2021. Kolaborasi infrared remote dan Internet of Thing dalam memudahkan aktifitas sebagai bagian perspektif Human Computer Interaction: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 20, 3 (Aug. 2021), 339–348.
Abstract View: 70 times

Most read articles by the same author(s)