Sistem Informasi Nilai Akhir Siswa Berbasis Web pada SMP Negeri 1 Abung Surakarta

Authors

  • Ajeng Savitri Puspaningrum Universitas Teknokrat Indonesia
  • Khafidlin Triatama Universitas Teknokrat Indonesia
  • Neneng Universitas Teknokrat Indonesia

Abstract

Pelaksanaan penilaian rapor pada SMPN 1 Abung Surakarta masih menggunakan aplikasi Microsoft Excel yang prosesnya dimulai dari guru memasukkan hasil nilai pengetahuan dan keterampilan siswa seperti nilai ulangan harian, UTS dan UAS kedalam aplikasi tersebut, kemudian guru mata pelajaran menyetorkan rekap nilai siswa kepada wali kelas dengan menyimpan data tersebut kedalam flashdisk . Kegiatan tersebut dirasa kurang efisien dan tidak aman serta siswa tidak dapat mengetahui perkembangan nilainya. Penelitian ini mengusulkan suatu sistem pengolahan nilai siswa yang dapat dilakukan secara elektronik sehingga dapat membantu kerja para guru dalam mengolah nilai akhir siswa dengan kinerja yang lebih cepat yang dapat diakses melalui Website sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk membantu dalam membangun suatu sistem informasi nilai akhir siswa serta mempermudah dalam peroses pengolahan nilai hasil belajar siswa di SMPN 1 Abung Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Extreme Programing (XP) yang merupakan salah satu metodologi rekayasa perangkat lunak. Pengujian dilakukan menggunakan instrument berbasia ISO 25010 pada karakteristik functional suitability, usability dan performance efficiency . Berdasarkan hasil pengujian ISO 25010 yang telah dilakukan dengan melibatkan 10 responden didapat bahwa kualitas kelayakan perangkat lunak yang dihasilkan secara keseluruhan mempunyai nilai 89% dengan skala “Baik” dan dapat dinilai layak untuk diterapkan pada SMPN 1 Abung Surakarta Lampung Utara.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-08-2021

How to Cite

[1]
Puspaningrum, A.S., Triatama, K. and Neneng, N. 2021. Sistem Informasi Nilai Akhir Siswa Berbasis Web pada SMP Negeri 1 Abung Surakarta: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 20, 3 (Aug. 2021), 319–330.
Abstract View: 72 times