Perancangan Tempat Sampah dengan Pemisah Sampah Logam dan Nonlogam Secara Otomatis dengan Kapasitas yang Dapat Dipantau Menggunakan Aplikasi Berbasis IoT

Authors

  • Widyastuti Universitas Gunadarma
  • Enjar Surbhakti Universitas Gunadarma
  • R.A. Sekar Ciptaning Anindya Universitas Gunadarma
  • Yulisdin Mukhlis Universitas Gunadarma

:

https://doi.org/10.32409/jikstik.20.1.2700

Abstract

Sampah non-organik biasa dikenal sebagai sampah kering, meskipun sampah jenis ini tidak menimbulkan bau dan pembusukan, namun penumpukkan sampah bisa mengganggu lingkungan. Salah satu penanganan sampah dilakukan dengan pemilahan dalam bentuk pengelompokan dan pemisahan sampah sesuai dengan jenisnya. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan mengelompokkan sampah non-organik dan memisahkannya menjadi jenis sampah logam dan nonlogam. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah alat yang dapat memilah sampah logam dan nonlogam serta memantau kapasitas penampungan sampah dari jarak jauh secara waktu-nyata berbasis aplikasi IoT. Alat ini memanfaatkan mikrokontroler Arduino Uno dan NodeMCU sebagai pusat pengoperasian. Masukan pada alat ini berupa sensor inframerah sebagai pendeteksi sampah, sensor proximity inductive sebagai pendeteksi sampah logam, dan dua buah sensor ultrasonik untuk memantau kapasitas sampah di kotak penampungan sampah. Keluaran yang dihasilkan alat ini berupa motor servo untuk membuka penutup yang ada di dalam tempat sampah guna memisahkan sampah logam dan nonlogam, tampilan LCD 20x4, dan aplikasi ThingSpeak sebagai penampil kapasitas sampah berbasis IoT. Alat ini dapat menampilkan kondisi kapasitas sampah pada salah satu platform IoT yaitu ThingSpeak dengan waktu-nyata.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

31-03-2021

How to Cite

[1]
, W., Surbhakti, .E. , Anindya, .R.S.C. and Mukhlis, .Y. 2021. Perancangan Tempat Sampah dengan Pemisah Sampah Logam dan Nonlogam Secara Otomatis dengan Kapasitas yang Dapat Dipantau Menggunakan Aplikasi Berbasis IoT: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 20, 1 (Mar. 2021), 93–100. DOI:https://doi.org/10.32409/jikstik.20.1.2700.
Abstract View: 39 times