Penggunaan Quick Response Code (QR-Code) pada Aplikasi Pemandu Wisata Candi Borobudur dengan Location Based Service berbasiskan Android

Authors

  • Fivtatianti Hendajani STMIK Jakarta STI&K
  • Abdul Hakim STMIK Jakarta STI&K

Abstract

Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia, wisata ke Candi Borobudur, selain dapat menambah wawasan mengenai budaya dan sejarah Indonesia juga dapat menambah pengetahuan mengenai peradaban manusia. Untuk mengetahui sejarah dan kebudayaan mengenai candi Borobudur , wisatawan bisa menggunakan jasa pemandu wisata yang men emani setiap pengunjung yang akan memberikan penjelasan mengenai informasi tersebut. Informasi yang diberikan sesuai dengan pengetahuan dari pemandu wisata, sehingga infor masi dapat saja tidak sama antara satu pemandu dengan pemandu yang lain. Hal ini dapat menimbulkan kesalahan persepsi mengenai informasi yang diberikan. Untuk menghindari kesalahpahaman tersebut, informasi dapat diberikan melalui satu sumber sehingga terda pat keseragaman informasi yang diterima oleh wisatawan. Sistem pemandu wisata Candi Borobudur menggunakan telepon pintar berbasis Android. Visualisasi yang ditampilkan dapat berupa teks, foto dan video serta informasi tambahan berupa video tentang cerita relief dinding candi. Informasi tambahan tersebut dapat dilihat jika telepon pintar dapat mengenali Quick Response Code untuk masing masing susunan cerita releif. Aplikasi terse but dapat berjalan berdasarkan lokasi yang telah ditentukan memanfaatkan Location Based Service(LBS) berbasiskan Android.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

27-12-2014

How to Cite

[1]
Fivtatianti Hendajani and Abdul Hakim 2014. Penggunaan Quick Response Code (QR-Code) pada Aplikasi Pemandu Wisata Candi Borobudur dengan Location Based Service berbasiskan Android: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 13, 2 (Dec. 2014), 53–64.
Abstract View: 10 times