Petunjuk Pemanfaatan Load Balancing dan Failover Dalam Perencanaan Pengembangan Jaringan Komputer untuk Menghindari Down Time

Authors

  • Essy Malays Sari Sakti UPI Y.A.I
  • Asril Basry UPI Y.A.I

Abstract

Istilah down time dalam jaringan komputer adalah jalur jaringan komputer tidak dapat diakses sedangkan istilah down time dalam suatu perusahaan adalah karyawan tidak dapat bekerja karena permasalahan dalam aktivitas perusahaan tersebut. Apabila aktivitas perusa- haan terhenti karena terputusnya jaringan komputer maka ketersedian data atau transaksi / komunikasi pada waktu yang tepat tidak dapat terpenuhi yang berdampak pada pihak manajemen dalam pengambilan keputusan Untuk menghindari down time, yang disebabkan karena jaringan internet tidak dapat diakses pada umumnya perusahaan menggunakan be- berapa jalur akses internet dengan beberapa ISP (Internet Service Provider) yang berbeda, akan tetapi hal ini tidak memaksimalkan penggunaan bandwith karena pada umumnya 1 jaringan hanya memiliki 1 gateway yang dapat digunakan dalam 1 ISP Dengan metodel- ogi studi literatur dan eksperimental penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana teknik load balancing dan failover dapat menangani down time. Hasil ekspemen yang telah dilakukan didapat hasil bahwa dengan menggunakan teknik load balancing dan failover da- pat dilihat dengan bahwa menggunakan teknik load balancing maka dapat mengoptimalkan bandwith dan dengan failover maka bila salah satu jalur akses internet mengalami gang- guan maka secara otomatis beban kerja dapat dialirkan pada jalur lain yng tidak mengalami gangguan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

23-12-2014

How to Cite

[1]
Essy Malays Sari Sakti and Asril Basry 2014. Petunjuk Pemanfaatan Load Balancing dan Failover Dalam Perencanaan Pengembangan Jaringan Komputer untuk Menghindari Down Time: Array. Jurnal Ilmiah Komputasi. 13, 2 (Dec. 2014), 23–32.
Abstract View: 18 times